Revitalisasi Sungai Cinambo, Satgas Sektor 22 Sub 09 Mengawasi Ketat Penataan Sungai
-->

Advertisement Adsense

Revitalisasi Sungai Cinambo, Satgas Sektor 22 Sub 09 Mengawasi Ketat Penataan Sungai

60 MENIT
Jumat, 15 April 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 melakukan normalisasi Sungai Cinambo di Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage Kota Bandung, Jumat 15/04/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Menuju sungai layak utuh, bersih dan sehat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 mendorong pada revitalisasi sungai kepada para pihak kedinasan dibidangnya. Hingga melakukan projek besar konservasi menuju normalisasi sungai dari endapan sedimentasi yang membuat pengecilan dan pendangkalan sungai.


Peltu Ihwan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 selaku DanSub 09 mengawal ketat pada pekerjaan pengerukan Sungai Cinambo dengan menggunakan 2 (dua) unit alat berat jenis Excavator Pindad Long Arm (excapa 200) dan Excavator Pindad Std SK 200.


"Normalisasi Sungai Cinambo ini lebih ke revitalisasi sungai, karena kedua alat berat berfungsi sangat oftimal dengan mengukur luas pengerukan sungai yang tertimbun oleh sedimentasi sangat banyak, sehingga menghasilkan disposal yang banyak pula," kata Ihwan 


Pengerukan Sungai Cinambo wilayah Rw 04 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage.


Pengerukan Sungai Cinambo ini baru di satu titik yaitu wilayah Rw. 04 Kelurahan Cisaranten Kidul Gedebage. Pengerukan sungai sepanjang 15 M Lebar 2 M dalam 2 M hingga pengangkutan sedimen sebanyak 52 M³.


Menurut Peltu Ihwan, kedua alat berat ini terus bergerak menata area dan menumpuk disposal. Disposal ini diangkut oleh Truck Fuso ukuran 6 M3 dibuang ke wilayah dataran rendah sebagai pengurugan.


"Kita harap revitalisasi sungai ini perlu di setiap wilayah, karena ini sangat membantu kesuksesan Citarum Harum yaitu pada Percepatan Pengendalian Kerusakan Sungai," jelas Ihwan 


(zho)