Konservasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan Dansub 09 Sektor 22 Memonitor Bersama Anggota
-->

Advertisement Adsense

Konservasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan Dansub 09 Sektor 22 Memonitor Bersama Anggota

60 MENIT
Kamis, 26 Mei 2022

60menit.co.id| Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 melakukan perawatan sungai, Normalisasi Sungai Cinambo, wilayah Derwati, Kamis 26/05/2022 (Zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai melalui konservasi dan restorasi sempadan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 masif dilakukan, giat ini terlihat pengerukan di Sungai Cinambo wilayah Rw 4 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage.


Karya ini sangat jelas sebagi upaya dalam menata dan memerbaiki kondisi sungai yang sudah rusak akibat pembiaran yang menahun. Sehingga sedimentasi sungai menjadi penuh dan akibatnya sungai menjadi dangkal.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus melakukan upaya dalam pembenahan dan penataannya, dengan tidak melupakan tugas pokok dan fungsi aparat dinas di pemerintah daerah yang selalu dilibatkan dalam karya tersebut, Kamis (26/05/2022)


Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Inf  Eppy Gustiawan, S.I.P., mendobrak semua lini untuk berjibaku dalam menata kawasan sungai. Dengan tujuan supaya sungai kembali bersih dan sehat dengan keutuhan kondisi sungai sesuai fungsi awalnya.


Melalui DanSub 09, Peltu Ihwan Maryudin sebagi anggota di Sektor 22 Citarum Harum, bersama anggotanya mengawasi penataan Sungai Cinambo, yaitu saat ini sedang dilakukan normalisasi sungai menggunakan alat berat yang sesuai dengan peruntukannya.


"Disini kita menggunakan 2 (dua) unit alat berat dari Pindad, sehingga dalam pengerjaan pengerukan dan perataan disposal berjalan lancar," jelas Ihwan.


Fungsi alat berat menurut Peltu Ihwan Maryudin, diwilayahnya sangat cocok karena area yang dikerjakan sudah parah sedangkan sungai sangat lebar. 


Anggota Satgas Sektor 22 Sub 09 sedang melakukan Patroli Sungai.


Penentuan kinerja alat berat ini diawasi boleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09, dengan harapan pengerjaan ini bisa mencapai titik target yang sudah ditentukan 


"Tentunya kita sangat berharap, pelaksanaan pekerjaan ini sesuai target yang wajar, soalnya kedua alat berat berjalan normal. Makanya kita awasi pelaksanaannya," imbuh Ihwan.


Dalam pengawasan pengerukan normalisasi Sungai Cipamokolan, Satgas Sub 09 berjalan ganda yaitu melakukan monitoring bangunan liar di wilayah Rw 2 dan Rw 7 Kelurahan Darwati kec Rancasari, sehingga anggota dibagi-bagi sesuai dengan perintah Dansub 09.


"Selain ini kita membagi angy untuk melakukan Patroli Sungai, tepatnya di wilayah anak Sungai Citarum Cinambo di Rw 4 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage, sehingga tugas rutin yang kita emban bisa terlaksana sesuai aturan," kata Ihwan.


Tentunya satu tugas yang diangy penting untuk menggembleng moral masyarakat dengan melakukan komunikasi sosial dengan tema sosialisasi program Citarum Harum, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 pun berjalan lancar.


"Sigap dan tepat sasaran yang kita utamakan, terutama menentukan sikap dalam menyelesaikan kondisi di lapangan sesuai dengan truble yang ada," tutup Ihwan


(zho)