Konservasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan Dansub 09 Sektor 22 ; Stabilkan Dua Alat Berat
-->

Advertisement Adsense

Konservasi Sungai Cinambo, Peltu Ihwan Dansub 09 Sektor 22 ; Stabilkan Dua Alat Berat

60 MENIT
Minggu, 15 Mei 2022

60menit.co.id | Alat berat Excavator Pindad Long Arm 200 sedang beroperasi Normalisasi di Sungai Cinambo wilayah Kelurahan Cisaranten Kidul Gedebage, Minggu 15/05/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Konservasi Sungai Cinambo wilayah Rw.04 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 menggunakan alat berat excavator long arm 200 dan long arm std. Menurut Peltu Ihwan Maryudin selaku Dansub 09 bahwa kedua alat berat ini saling bersinergi pada Normalisasi Sungai Cinambo.


"Kedua alat berat ini kita butuhkan, dalam normalisasi Sungai Cinambo sesuai dengan fasilitas jalan masuk sehingga operasinya nyaman dan cepat," kata Ihwan.


Memenuhi progres Citarum Harum dengan upaya percepatan perbaikan kondisi sungai yang rusak disebabkan sedimentasi, maka kelayakan bekerja dalam pengerukan dan perataannya sudah seharusnya menggunakan alat berat.


Pada upaya ini Satgas Sektor 22 Citarum Harum berkolaborasi dengan aparat kedinasan, menurut Peltu Ihwan dalam hal ini yaitu dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.


"Kan yang mengelola beberapa sungai terbesar di setiap wilayah adalah BBWS, salahsatunya adalah Sungai Cinambo, maka kita bekerjasama dengannya dalam normalisasi ini," imbuh Ihwan, Minggu (15/05/2022).


Pengangkutan disposal di Sungai Cinambo menggunakan truk BBWS.


Untuk pemajuan program Citarum Harum di Sektor 22, anggota satgas terus berupaya melakukan perawatan sungai setiap hari. Sehingga pengawasan normalisasi di Sungai Cinambo berjalan terus meskipun hari Minggu.


Sesuai fungsinya, kedua alat berat excavator long arm dan std mengerjakan penataan area, dengan objek menumpuk disposal dan pengerukan sungai. 


"Fungsi kedua alat berat ini kita masing-masing bidang, satu pengerukan dan satunya lagi bidang perataan disposal, Alhamdulillah hari ini sungai sepanjang 15 M dengan lebar 2 M dan kedalaman 2M bisa diselesaikan dengan baik, total pengangkatan sedimentasi sebanyak 40M³ ini diangkut oleh truk ke tempat pembuangan yang sudah ditentukan oleh BBWS," kata Ihwan Maryudin.


Konservasi sungai di wilayah Sektor 22 Citarum Harum, Dansektor 22 (Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P.,) konsisten mengarahkan di semua wilayah, tujuannya biarpun bertahap namun sudah pasti kelumit gangguan sungai bisa teratasi 


(zho)