Serma Abdulloh Fawzi, Dansub 11 Sektor 22 Patroli Sungai Temukan Anak-anak Berenang di Sungai yang Bersih
-->

Advertisement Adsense

Serma Abdulloh Fawzi, Dansub 11 Sektor 22 Patroli Sungai Temukan Anak-anak Berenang di Sungai yang Bersih

60 MENIT
Minggu, 08 Mei 2022

60menit.co.id | Tampak Dansub 11/22 (Serma Abdulloh Fawzi) berkomunikasi dengan anak-anak sedang berenang di Sungai Cijalupang wilayah Kelurahan Cisaranten Wetan Rw.01, Minggu 8/05/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Patroli Sungai merupakan agenda khusus di Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang dilakukan setiap hari oleh Subsektor di kewilayahan termasuk Sub 11 yang dipimpin Serma Abdulloh Fawzi.


Serma Abdulloh Fawzi didampingi anggotanya, melakukan patroli sungai ke wilayah yang dianggap signifikan akan kejadian termasuk meningkatkan pendisiplinan bagi warga sekitar sungai dalam memerlakukan kepedulian kebersihan lingkungannya, Minggu (8/05/2022).


Hal ini sangat memerlukan monitoring, menurut Serma Abdulloh Fawzi merupakan pengawasan dan bimbingan bagi masyarakat ketika diluar pengawasan Satgas Citarum Harum Sektor 22. Maka disertai komunikasi sosial yang mengedepankan sosialisasi tentang tujuan program Citarum Harum.


"Bimbingan ini perlu dilakukan, terutama bagi warga yang erat berhubungan dengan kebutuhan sungai, yaitu berlaku pengertian terhadap kebersihannya disamping sungai sangat dibutuhkan oleh mereka," ujar Abdulloh.


Dansub 11/22, Serma Abdulloh Fawzi menghampiri anak-anak yang sedang berenang di Sungai Cijalupang wilayah Rw.01 Kelurahan Cisaranten Wetan Kecamatan Cinambo, diketahui bersama bahwa kondisi sungai tersebut sudah bening dan bersih dari sampah domestik maupun limbah kimia.


Merunut pada hulunya, sungai ini tidak terkontaminasi limbah domestik maupun limbah kimia. Sehingga layak jika digunakan mandi bagi penduduk yang membutuhkan, karena Satgas Sektor 22 Sub 11 sangat memerhatikan kebersihannya.


"Sengaja kita ajak ngobrol dengan anak yang berenang, ketika ditanya gatal tidaknya dia jawab tidak. Artinya sungai yang sudah bersih dan jernih ini perlu kita jaga ketat, supaya masyarakat dan aparat kewilayahan bisa berjibaku untuk melakukan pelestariannya," kata Abdulloh.


Upaya penciptaan kembali sungai yang bersih dan sehat terus digelorakan oleh satgas Citarum Harum Sektor 22, terutama untuk mewujudkan kebahagiaan warga dalam memanfaatkan sungai. Sehingga tujuan Program Citarum Harum bisa terlaksana yaitu sungai sebagai sumber kehidupan yang bisa menghidupi masyarakat banyak.


Komitmen di atas sangat diperkuat oleh anggota Satgas Sektor 22, dalam pelaksanaannya Satgas Sektor 22 berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat yang tergabung dengan PENTAHELIX. Yaitu dari unsur akademisi, masyarakat, pengusaha, pemerintah dan Jurnalis.


"Alhamdulillah kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 tidak menemukan kendala dengan mereka, selama ini Progres Citarum Harum berjalan dengan baik, bisa berkolaborasi dengan semua pihak," masih kata Abdulloh.


Jenjang yang ditempuh oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 yaitu berkomunikasi dan diskusi dengan semua pihak, sehingga dalam melakukan kinerja di lapangan berjalan dengan baik hingga menuai progres yang sesuai dengan target.


(zho)