Alasan Harusnya Patroli Sungai Bagi Satgas Sektor 22 Sub 11
-->

Advertisement Adsense

Alasan Harusnya Patroli Sungai Bagi Satgas Sektor 22 Sub 11

60 MENIT
Sabtu, 11 Juni 2022

60menit.co.id | Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 giat Patroli Sungai, Minggu 11/06/2022 (Sholeh)


60MENIT.co.id, Bandung | Salah satu upaya untuk mengetahui kondisi sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 lakukan patroli yang berada di wilayah Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Sabtu (11/06/22).


Patroli dipimpin langsung Dansub 11 Serma Abdulloh Fauzi, untuk mengetahui saluran air limbah industri dan lahan kritis serta memantau ke setiap arah sungai, guna memastikan kondisi sungai dalam ke adaan bersih.


Dalam keterangannya Serma Abdulloh Fauzi menyampaikan, jika kita lihat sungainya bersih terbebas dari limbah domestik. "kita juga akan lebih enak memandangnya, namun jika sebaliknya jangankan memandang melirikpun sepertinya enggan". Katanya.


Dalam hal ini, Lanjut Abdulloh, kami melakukan pemantauan (patroli) guna memastikan kondisi sungai itu sendiri, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal merupakan limbah yang berbentuk cair misalnya limbah dari WC, dari air cuci ataupun dari kamar mandi.


"Kami harus bekerja secara extra, mengingat kindisi sungai harus betul-betul bersih. Karena hal ini salah satu program dan cita-cita Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang terus berupaya agar Kota Bandung mencapai open defecation free (ODF) 100 persen". Jelas dia.


Seiring berjalannya waktu dan rencana pembangunan IPAL komunal, Abdulloh Berharap, semoga kedepan, sedikitnya masyarakat bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat makin baik.


"Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri nantinya bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Supaya air limbah yang akan di alirkan ke sungai tidak tercemar lagi". Tambah Abdulloh.

(Sholeh)