Ipal Amanda Brownies pH Tinggi, BaOps Sektor 22 Citarum Harum Nyatakan Bahaya
-->

Advertisement Adsense

Ipal Amanda Brownies pH Tinggi, BaOps Sektor 22 Citarum Harum Nyatakan Bahaya

60 MENIT
Senin, 27 Juni 2022

60menit.co.id | Operasi Penertiban Ipal Amanda Brownies Jl. Rancabolang No. 40, Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Senin 27/06/22 (Mg.Oleh).


60MENIT.co.id, Bandung | BaOps Sektor 22 Satgas Citarum Harum Peltu Aris Santoso Bersama Serma Misbakhudin di dampingi Dansub 09 Peltu Ihwan beserta anggota lakukan Pengawasan Lanjutan ke CV. Amanda Brownies di Jl. Rancabolang No. 40, Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Senin (27/06/22).


Pantauan di lokasi CV. Amanda Brownies sudah memiliki bak penampungan, namun secara keseluruhan belum maksimal dan belum sesuai dengan baku mutu atau aturan yang di keluarkan pemerintah.


BaOps Sektor 22 Satgas Citarum Harum, mengecek langsung Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) CV. Amanda Brownies Kukus, saat di ambil sample di pembuangan akhir, hasilnya sangat mengejutkan dengan PH sangat tinggi yaitu di kondisi 14.


Peltu Aris Santoso, tegur langsung penanggung jawab di CV. Amanda Brownies Kukus terkait cara pengelolaan IPAL yang sangat begitu kurang bagus.


Dalam hal ini, BaOps Satgas Citarum Harum Peltu Aris menemukan betapa minimnya proses Ipalnya sehingga tidak memenuhi standar baku mutu.


Saat dikonfirmasi Peltu Aris menyampaikan, sebelumnya Satgas Citarum Harum pernah melakukan Sidak ke area CV. Amanda Brownies Kukus semasa belum memiliki mesin canggih, dan sekarang kami chek kembali ke lokasi.


"Memang, kami melihat sudah memiliki mesin yang sangat begitu canggih dan saya rasa itu mahal harganya, namun sayang fungsi dari mesin tersebut tidak maksimal dalam pengelolaannya". Ucapnya.


Lanjut Aris, jika pengelolaan dalam pengolahan limbahnya seperti ini, hal tersebut bisa dinyatakan ilegal, karena sama sekali tidak ada outletnya, apalagi terkait B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).


"Kami tidak ingin, para pelaku usaha, tidak hanya mengambil keuntungan saja tapi harus dapat menjaga dan memperhatikan lingkungan sekitar juga". Tegasnya.


Derajat pH Amanda Brownies


Pihaknya mengimbau, kedepan berharap CV. Amanda Brownies Kukus dapat membenahi Ipalnya sampai 100%, dan sesuai dengan baku mutu.


"Kami akan lihat progressnya dalam waktu 7 x 24 jam untuk memperbaiki Ipalnya dengan baik, dan selama proses perbaikan kami sarankan agar limbah yang ada disedot terlebih dahulu, jangan sampai dibuang ke selokan (sungai) karena itu bisa mencemari lingkungan sekitar". Katanya.


Di lokasi yang sama Kepala Produksi CV. Amanda Brownies Kukus Zaenal mengucapkan terima kasih atas kunjungannya ke CV. Amanda Brownies Kukus, dalam rangka pengawasan dan pengontrolan air limbah.


"Kami akan progres langsung, tadinya kami berpikir dengan adanya mesin yang baru bisa lebih maksimal. Namun saat Satgas Citarum Harum ternyata pengolahan Ipalnya belum maksimal". Ucapnya.


Pihaknya berjanji, Kedepan akan melakukan yang lebih baik lagi dan akan berusaha terus sehingga proses Ipalnya sesuai baku mutu.


"Mungkin kami meminta waktu karena harus melakukan koordinasi dengan pihak management". Tutupnya.


(Sholeh)