Naga Mas Textile Disidak Satgas Sektor 22 Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

Naga Mas Textile Disidak Satgas Sektor 22 Citarum Harum

60 MENIT
Jumat, 10 Juni 2022

60menit.co.id | Peltu Seno (DanSub 05 Sektor 22 Citarum Harum) sedang menyelia Ipal Pt. Naga Mas jl. Sulaksana 31 Cicaheum, Jumat 10/06/2022 (Sholeh)


60MENIT.co.id, Bandung |  Sektor 22 Satgas Citarum Harum melakukan pengawasan ke CV. Naga Mas Jl. Sukalaksana No. 31 Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Jum'at (10/06/22).


Dalam pengawasan tersebut dipimpin  Ba Ops Sektor 22 Peltu Aris Santoso di dampingi Dansub 05 Peltu Seno beserta anggota yang di sambut baik oleh Staf CV. Naga Mas Sdr. Sandi.


CV. Naga Mas berdiri sejak tahun 2000 sekurang-kurangnya 22 tahun sudah berjalan yang bergerak bidang industri pencelupan kain, maklun dan memiliki sekitar 100 karyawan.


Berdasarkan pemantauan di lokasi, Peltu Haris Santoso menyampaikan, CV. Naga Mas sudah memiliki bak Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dengan sangat baik.


"Air limbah keluaran akhir tidak berbusa dan tidak berbau dan tidak berwarna bahkan PH nya pun bagus mencapai 7 (tujuh)". Katanya.


Aria menjelaskan, Satgas Citarum Harum dalam melaksanakan tugas selalu dibekali dengan surat tugas dan mengacu pada Perpres No. 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.


"Dengan mengacu perpres tersebut, Kami selaku satgas citarum harum rutin melakukan pengawasan kepada para pelaku usaha agar bisa memperhatikan lingkungan". Jelas Aris.


Untuk itu, Peltu Aris Santoso berharap, kepada para pelaku usaha khususnya CV. Naga Mas agar selalu menjaga kondisi limbah, agar saat membuang ke sungai tidak mencemari lingkungan terutama di aliran sungai itu sendiri.


Selain itu, Aris menyarankan, pengelola CV. Naga Mas untuk membuang atau memotong pipa aliran yang sudah tidak terpakai, karena hal itu akan menimbulkan kecurigaan.


“Dengan dibuang atau di potong pipa yang tidak berfungsi akan lebih efektif lagi dalam pengawasan kedepannya”. Kata dia.


60menit.co.id


Masih di lokasi yang sama, Sandi Salah satu Staf mewakili pemilik CV. Naga Mas Bapak Susanto menyampaikan, CV. Naga Mas sangat mendukung Program Citarum Harum, karena dengan program tersebut, perusahaan bisa mengendalikan air limbahnya dengan baik, maka cita cita citarum harum bisa terlaksana dengan sangat baik.


“Karena air sungai citarum bisa bermanfaat bagi penduduk yang di alirkan di daerah aliran sungai citarum, bisa mendapatkan manfaat yang positif”. Katanya.


Jika ada hal yang perlu di perbaiki, Sandi menyampaikan, Cv. Naga Mas siap menerima masukan, intinya kita selalu menindaklanjuti apa yang harus di perbaiki dan mendukung sepenuhnya program pemerintah.


“Kami mengucapkan terimakasih kepada tim Satgas Citarum Harum, atas bimbingannya sehingga kami bisa ikut terlibat dalam Program tersebut”. Ucapnya.


Sementara itu, Peltu Seno selaku Dansub 5 menambahkan, pengawasan kepada para pelaku usaha di wilayah Kiaracondong dan Batununggal terus dilakukan secara rutin.


"Kami berpesan kepada setiap pelaku usaha, agar bisa lebih menjaga kebersihan dan tidak mencemari lingkungan terutama ke aliran sungai". Tutup Seno.


(Tim)