Peltu Ade Sukmana, Dansub 12 Sektor 22 Masifkan Perawatan di Sungai Cikapundung
-->

Advertisement Adsense

Peltu Ade Sukmana, Dansub 12 Sektor 22 Masifkan Perawatan di Sungai Cikapundung

60 MENIT
Minggu, 12 Juni 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 perawatan Sungai Cikapundung wilayah Tamansari Rw. 15, Minggu 12/06/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Sepanjang 200 M Sungai Cikapundung wilayah Tamansari Rw. 15 dibersihkan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12. Giat dipimpin Peltu Ade Sukmana (Dansub 12/22) menurutnya sebagai rutinitas pemeliharaan sungai menjaga keindahan selain bersih dan sehatnya sungai.


Pada Apel Pagi, Dansub 12/22 mengatakan, kebersihan sungai memerlukan perawatan yang rutin. Selain menjaga keindahan Sungai Cikapundung juga merupakan perhatian dalam menjaga minat baik dari masyarakat dalam kolaborasi peningkatan karakteristiknya.


"Kita menjaga paradigma yang sudah mulai terbangun dari beberapa elemen masyarakat, terutama dalam perawatan keindahan Sungai Cikapundung sebagai Icon destinasi wisata di pusat Kota Bandung," jelas Ade Sukmana, pada pemaparan Apel Pagi kepada anggotanya, Minggu (12/06/2022).


Tidak sampai disitu, Peltu Ade Sukmana menjelaskan bahwa mewujudkan sungai yang bersih dan sehat dari keterpurukan berbagai limbah termasuk gulma sungai itu tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Namun perlu kerja keras yang masif bagi semua pihak terfokus pada satu tujuan yang sama.


Ia menambahkan bahwa dengan minat kolaborasi yang bisa mewadahi semua unsur masyarakat maupun pemerintah adalah suatu perspektif yang benar. Bahkan ini bisa menghimpun kekuatan yang besar sehingga tujuan pencapaian sungai yang bersih dan sehat bisa terealisasi dengan cepat.


Apel pagi di wilayah kelurahan Tamansari Kota Bandung.


"Sebenarnya kolaborasi yang sudah dibangun saat ini merupakan Perspektif yang sempurna, namun masih membutuhkan pergerakan bersama-sama jangan pincang dari beberapa elemen yang ada, terutama dalam membentuk paradigma masyarakat merupakan modal utama dalam keberlangsungan sungai dan lingkungan yang bersih," sontak Ade Sukmana.


Upaya lain untuk mewujudkan maksud diatas, Peltu Ade Sukmana menggerakkan anggota melakukan Komunikasi Sosial kepada masyarakat dilakukan setiap hari pasca aksi perawatan sungai, seperti hari ini satgas berhasil menemui warga yang sangat berueusan dengan sungai 


"Kita hari ini bertemu dengan beberapa warga, seperti ibu kokom,bibu ningsih bapak miswar, bapak ahmad dan bapak marwan, kita menyampaikan pelarangan membuang sampahnya ke sungai. Dengan harapan sosialisasi ini bisa sampai juga ke masyarakat lainnya," tutup Ade Sukmana.


Dengan agregat strategi yang sudah dibentuk oleh satgas sektor 22 Citarum Harum dalam aksi di lapangan sudah efektif jelas. Maka Satgas Sektor 22 ini terus bergerak berdampingan dengan Pemerintah Daerah supaya Program Kebersihan dan Memungsikan kembali tata kelola sungai yang benar bisa secepatnya berjalan dengan baik.


(zho)