Rangkaian HLH se-Dunia, Kolonel Eppy Hadiri Webinar Tingkat Jabar Bahas Ekosistem
-->

Advertisement Adsense

Rangkaian HLH se-Dunia, Kolonel Eppy Hadiri Webinar Tingkat Jabar Bahas Ekosistem

60 MENIT
Selasa, 07 Juni 2022

60menit.co.id | Tampak Kol. Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., Dansektor 22 Citarum Harum sedang Webinar Hari Lingkungan Hidup (HLH) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022, Selasa 7/06/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Rangkaian Hari Lingkungan Hidup (HLH) Kolonel Inf. Eppy Gustiawan, S.I.P., (Dansektor 22 Citarum Harum) melakukan peringatan melalui webinar tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.


Acara yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa barat ini menghadirkan beberapa narasumber mencakup tingkat provinsi juga menghadirkan personil dari Kementerian.


Komandan Sektor 22 Citarum Harum, Kol Inf Eppy Gustiawan, S.I.P., pada webinar HLH se-Dunia yang bertema "Ecosystem Restoration for Only One Earth" ini mengedepankan penyelamatan ekosistem di atas bumi persada nusantara, Selasa (7/06/2022).


"Kita sangat mendukung pada konteks yang dituangkan dalam webinar tadi, yaitu makna yang luar biasa karena sangat bersentuhan dengan cita-cita Program Citarum Harum yang kita emban, yaitu Restorasi Ekosistem Hanya untuk Satu Bumi," ujar Eppy Gustiawan.


Sesuai dengan tahapan sehari-hari bagi Satgas Sektor 22 Citarum Harum, bergerak setiap hari pada perawatan sungai, perawatan dan pelestarian penghijauan pohon keras, normalisasi sungai lebih ke perbaikan tata kelola, normalisasi lahan kritis, mengalihkan fungsi hutan khusus di Kawasan Bandung Utara dan pembentukan paradigma masyarakat yang benar atas kebersihan lingkungan.


Menanggapi hal diatas bahwa itu merupakan target yang harus dicapai oleh Satgas Citarum Harum secara keseluruhan, bahkan sedang digarap oleh Satgas Sektor 22 dengan hasil yang sudah terlihat benar menurut penilaian masyarakat maupun pemerintah daerah.


"Seperti normalisasi sungai yang ada di area Sektor 22 justru lebih ke Konservasi sungai, ini jika kita kaji di lapangan yang kita kerjakan justru lebih dari itu, salahsatunya yaitu pengondisian ruang publik di lahan yang kita tertibkan bangunan liarnya, pengerukan sungai dan semua itu merupakan konservasi sungai," jelas Eppy Gustiawan.


Kolonel Eppy Gustiawan lebih melengkapi atas tema yang dibahas oleh berbagai lembaga, karena garapan setiap hari oleh Satgas Sektor 22 merupakan syarat untuk penyelamatan ekosistem, seperti menertibkan Ipal Industri, Ipal Domestik Tinja, paradigma masyarakat dan pelestarian tanaman keras di sela-sela penduduk kota yang kuldesak maupun di lahan kritis.


Dengan aksi yang diterapkan pada metode dan program di Citarum Harum Sektor 22 ini bahwa tema Ecosystem Restoration for Only One Earth sudah terbingkai dalam 9 program aksi Satgas Sektor 22 Citarum Harum.


"Alhamdulillah semua yang barusan dibahas sudah tepat sesuai dengan program yang ada di Sektor 22, dan memang begitu sebagai langkah penyelamatan ekosistem yang ada," jelas Eppy Gustiawan.


Hadir dalam webinar Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2022 tingkat Provinsi ini yaitu, UPT Kementerian dan Lembaga di Jawa Barat, OPD dan UPT/Balai Provinsi Jawa Barat, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Dinas TPH Provinsi Jawa Barat, Organisasi Perempuan, Pramuka, Satgas Citarum Harum, OPD Lingkungan Hidup Se-Jawa Barat, OPD Pendidikan Se-Jawa Barat, Kantor Kementerian Agama Se-Jawa Barat dan Asosiasi, LSM dan Komunitas.


(zho)