Rehab Jalan Seetmix Aspal Desa Tanjungsari Diduga Tidak Sesuai Papan Proyek
-->

Advertisement Adsense

Rehab Jalan Seetmix Aspal Desa Tanjungsari Diduga Tidak Sesuai Papan Proyek

60 MENIT
Sabtu, 25 Juni 2022

60menit.co.id | Rehab Jalan Seetmix Aspal Desa Tanjungsari, Sabtu 25/06/2022 (Pidin)


60MENIT.co.id, Ciamis | Papan informasi proyek menjadi satu buah acuan ke transparan informasi publik seperti yang terpasang di lokasi pekerjaan Rehab Jalan set mic aspal Dusun Panglanjan Desa Tanjungsari Kecamatan Banjar Anyar Kabupaten Ciamis dari anggaran dana desa (DD) Tahun Anggaran 2022 sejumlah Rp76.760.000.


Hasil pantauan tim investigasi recklassering Seprudin didampingi awak media 60menit.com melihat ada kejanggalan volume yang tertulis di papan informasi proyek 455 x2.50x0.5 pelaksanaannya diduga tidak sesuai dengan papan proyek.


Pasalnya ketebalan terpasang diduga kurang dari 5 cm sementara di papan informasi proyek ketebalan 50 cm dan lebar jalan kurang dari 250 cm.


Awak media 60menit.com 20/6/2022 mencoba klarifikasi mendatangi Kepala Desa Tanjungsari (Rahmat) di ruang kerjanya mengatakan papan proyek itu sudah matang masalah volume kurang tahu karena sudah mempercayakan.


"Ini ada anggaran silahkan dilaksanakan dan dalam pelaksanaannya jangan sampai tidak sesuai yang diharapkan," ungkap Kades.


Ia menambahkan, "Ketika ada kekurangan silakan klarifikasi atau koreksi pada pelaksana kegiatan karena ekbang juga membentuk TPK yang membuat papan informasi proyek juga ekbang," pungkas Kades.


60menit.co.id


Hari yang sama kasi Pemberdayaan Desa Tanjungsari (Budi) menjelaskan secara  prosedur sudah benar, karena pekerjaan dimusyawarahkan dulu bahkan membuat TPK lokal  dan kebetulan ada tokoh masyarakat terlibat di sana.


"Pekerjaan itu punya volume panjang 455 lebar 2.50 namun faktanya jalan terpasang hanya 2.40, maka kekurangan volume 10 cm dilempar ke perempatan untuk memenuhi kekurangan volume, jadi volume tetap tidak dihilangkan.


Sementara kekurangan volume ketebalan terpasang, karena Desa Tanjungsari baru mengerjakan jalan seetmix maka merasa kebingungan masalah volume dan ketebalan 5 cm itu gembur atau padat.


Hal itu pernah dibicarakan ke TPK karena kalau gelaran 5 Cm gembur ketebalan padat mungkin hanya rata-rata 3 cm.


RAB juga tidak bikin sendiri bahkan LPM ikut merintis pekerjaan jalan seetmic dan tipe-tipenya.


"Yang jelas saya selaku PPK Desa Tanjungsari baru melaksanakan pekerjaan seperti itu," pungkas kasi pemberdayaan Desa Tanjungsari.


(ASEP/NS/TIM)