Semangat Perpres 15/2018, Peltu Aris Dansub 06 Sektor 22 Gelar Karbak Gabungan
-->

Advertisement Adsense

Semangat Perpres 15/2018, Peltu Aris Dansub 06 Sektor 22 Gelar Karbak Gabungan

60 MENIT
Jumat, 17 Juni 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 6 karbak gabungan pembersihan Sungai Cilimus, di Wilayah Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung. Jumat 17/6/2022 Foto : Sule).


60MENIT.co.id, Kota Bandung | Mencegah terjadi bencana banjir, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 6 karbak gabungan pembersihan sungai Cilimus, di Wilayah Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung. Jum'at (17/6/2022).


Aksi Karbak gabungan itu melibatkan sejumlah anggota Satgas Citarum Harum dibantu Gober Kelurahan Sukahaji dan Kelurahan Babakan Ciparay.


Mereka melakukan kegiatan pembersihan sungai dengan penuh semangat dan antusias sehingga sungai yang mengalir dapat berjalan lancar dan bersih.


Bahkan, pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan akan mengakibatkan banjir bila turun hujan.


Saat ditemui di lokasi, Dansub 6 Peltu Aris Santoso mengatakan, bahwa karya bakti gabungan ini merupakan bagian dari Perpres No. 15 Tahun 2018 yang dilakukan untuk membersihkan saluran air agar bersih dari sampah dan lainnya. 


"Sebagai langkah awal antisipasi terjadinya pendangkalan sungai yang diakibatkan sampah dan material bawaan aliran sungai serta mengurangi tanaman liar". Katanya.


Selanjutnya, Aris menghimbau, agar masyarakat turut peduli dan menjaga lingkungan, bila mana lingkungan kita bersih akan menjadi sehat.


"Kami menghimbau agar tidak membuang sampah ke sungai, karena bisa mengakibatkan aliran air tidak lancar dan menyebabkan banjir saat hujan tiba". Ujarnya.


Menurut Aris, Pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga, agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai. 


"Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan warga". Tuturnya.


Sementara itu, Sekcam Babakan Ciparay Agus Rahman mengucapkan terima kasih kepada satgas Citarum Harum atas kolaborasi dalam setiap kegiatan terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan.


"Kami sangat mendukung dan menyambut baik program citarum harum, semoga dengan adanya kegiatan tersebut, kedepannya terus melakukan kolaborasi, agar cita cita dari program citarum harum akan tercapai". Pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan, Sekcam babakan ciparay, Lurah sukahaji

Kasi ekbang Sukahaji, Seklur kelurahan Bacip, Kasi kesos bacip, Lpm kel sukahaji, Babinsa, Lpm kelurahan babakan ciparay dan Para Rw Serta RT. 


(M. Warma )