Sungai Cikapundung Pusat Kota, Sepanjang 200 M Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 12
-->

Advertisement Adsense

Sungai Cikapundung Pusat Kota, Sepanjang 200 M Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 12

60 MENIT
Kamis, 02 Juni 2022

60menit.co.id | Sungai Cikapundung Pusat Kota, Sepanjang 200 M Dibersihkan Satgas Sektor 22 Sub 12, Kamis 2/06/2022 (Sholeh)


60MENIT.co.id, Bandung | Sepanjang 200 meter rimbunya rumput liar di Sungai Cikapundung Kelurahan Tamansari Kota Bandung di bersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama unsur kewiayahan.


Musim hujan memang membuat percepatan pertumbuhan rumput liar yang berada di kirmir dan tepian sungai, sehingga tumbuh dengan cepat dan rimbun.


Hal tersebut langsung diantisipasi oleh Satgas Citarum Harum guna menormalisasikan kembali fungsi sungai, dan menbuat kirmir serta tepian sungai kembali bersih.


Terpantau dilokasi Sub 12 yang di pimpin Peltu Ade Sukmana, mengerahkan anggotanya dan bekerja sama dengan unsur kewilayahan, mampu secara bertahap menyelesaikan permasalahan tersebut.


Tepian sungai dan kirmir yang tadinya rimbun oleh rumput liar, kini kembali bersih dan tampak rapih bahkan untuk aliran sungainya pun tidak terhambat oleh rumput-rumput liar tersebut.


Peltu Ade Sukmana saat di temui menyampaikan, kegiatan ini sudah merupakan rutinitas dan tanggung jawab selaku Satgas Citarum Harum.


"Kami bergerak dengan cepat dengan tujuan mengantisipasi percepatan pertumbuhan rumput liar yang ada di Sungai Cikapundung ini". Ucap Ade.


Dalam bekerja, Lanjut Ade, tentunya satgas selalu berkolaborasi dengan unsur kewilayahan guna mempercepat pengerjaan pembersihan tersebut.


"Kedepan kami berharap, tidak hanya kami saja yang menjaga, merawat sungai, namun masyarakat yang sudah kami bekali pemahaman akan pentingnya menjaga alam ini pun, semoga dapat melanjutkan apa yang sekarang kami lakukan". Jelasnya.


Peltu Ade menegaskan, jangan membuang sampah sembarangan terutama ke area sungai, karena itu akan mengotori dan mencemari sungai itu sendiri.


"Bahwa dalam hal ini kami juga kerap melakukan, patroli sungai, sosialisasi tentang program Citarum Harum dan Komunikasi Sosial kepada warga masyarakat khusunya yang berada di sepadan sungai, agar selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)". Tutup Peltu Ade Sukmana.


(Sholeh)