Terbangunnya Proyek P3TGAI di Sidarja Jateng, Masyarakat Sekitar Merasa Terbantu
-->

Advertisement Adsense

Terbangunnya Proyek P3TGAI di Sidarja Jateng, Masyarakat Sekitar Merasa Terbantu

60 MENIT
Jumat, 17 Juni 2022

60menit.co.id | Plang Projek Pekerjaan proyek irigasi P3-TGAI di Desa Kunci kecamatan Sidarja Kab. Cilacap Jawa Tengah (P. Seprudin)


ADANYA PEMBANGUNAN PROYEK P3TGAI DI DESA KUNCI KECAMATAN SIDARJA KABUPATEN CILACAP JAWA TENGAH,  KETUA KELOMPOK P3-TGAI BERTERIMAKASIH KE PIHAK BBWS CITANDUY PARA PETANI SANGAT DIBANTU


60MENIT.co.id, Cilacap | Irigasi P3-TGAI di Desa Kunci kecamatan Sidarja Kab. Cilacap Jawa Tengah. Peningkatan produksi pangan selalu menjadi topik di sektor pertanian. Upaya tersebut terus dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan produksi pertanian dengan menyalurkan bantuan seperti sarana jaringan irigasi pertanian.


Dengan dasar tersebut, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dicanangkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy melalui Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air yang diluncurkan ke Himpunan Petani Pemakai Air di wilayah kabupaten cilacap diakui oleh warga petani sangat bermanfaat.  


Seperti proyek (P3-TGAI) di Desa kunci Kecamatan Sidarja mendapat apresiasi positif dari petani setempat.


Kepala Desa (Kades) kunci Kasiman mengatakan, proyek irigasi di wilayah ini sangat membantu petani. Kami sebagai kepala desa sangat berterima kasih ada nya program yang di bantu pemerintah pusat melalui BBWS Citanduy sudah membantu masarakat petani yang ada di wilayah desa kami.


"Proyek irigasi (P3-TGAI) sangat bermanfaat banget bagi petani di Desa Kunci kecamatan Sidarja kabupaten Cilacap. pelaksanaan nya pun  itu sesuai petunjuk teknis adanya pelaksanaan pekerjaan sangat menunjang bagi para pekerja sangat terbantu untuk perekonomiannya.  P3-TGAI menyerap orang tenaga kerja dari desa ini," terang Kasiman dikutip oleh media 60menit.com, Selasa 12 juni 2022.


60menit.co.id


Dan diakui adanya proyek irigasi P3-TGAI di wilayah pertanian yang berada di wilayah desanya itu bisa disebut multi fungsi. Pertama, hadirnya saluran irigasi bisa menimbulkan meningkatkan perekonomian petani. Adana nya proyek irigasi bisa mengaliri ke beberapa area pertanian dan sangat bermanfaat.


"Sebelum dan sesudahnya saya kira sangat terasa. Kalau dulu kita kesulitan akan irigasi air sehingga seringkali kekeringan. Setelah adanya perbaikan saluran irigasi yang sudah tertata sekarang ini petani tinggal merawat dan menikmati hasilnya. Sehingga proyek P3-TGAI semacam ini minta digulirkan terus setiap tahun agar semua petani menikmatinya," ujar Kasiman sebagai kades desa Kunci.


Seperti diketahui untuk tahun 2022 ini proyek P3-TGAI untuk wilayah Cilacap.


Tahap ke satu baru yang di laksanakan ada sembilan titik, dengan adanya bantuan pembangunan irigasi bisa di rasakan oleh para petani, bagi para kelompok P3-TGAI  harus bisa menjaga dan merawat biar para pengguna air para petani harus mampu  meningkatkan kesejahteraan  produksi padi yang dilakukan para petani. 


(P. Seprudin)