Ternya Kapitan Pattimura adalah Seorang Kiyai
-->

Advertisement Adsense

Ternya Kapitan Pattimura adalah Seorang Kiyai

60 MENIT
Senin, 20 Juni 2022

60menit.co.id | Pahlawan Patimura, Alias Kapitan Pattimura, alias Tomas Matulessy, Nama Aslinya adalah Ahmad Lusi.


TERNYATA INI NAMA ASLI PAHLAWAN PATTIMURA.

60MENIT.co.id | Beliau (Pahlawan Pattimura) dikenal dalam sejarah bernama Thomas Matulessy, ternyata menurut runutan sejarah yang asli beliau bernama Ahmad Lusi.
.
Ahmad Lusi ini dilahirkan di daerah Haria, Pulau Saparua Maluku Tengah tanggal 8 Juni 1783, Seorang Muslim bahkan beliau ini merupakan seorang Kiyai dan Pemimpin Pondok Pesantren.

.
FAKTA YANG SEBENARNYA :
Tercatat dalam sejarah yang beredar bahwa Kapitan Pattimura ini anak dari seorang ayah bernama Frans Matulessy dan ibunya bernama Fransina Silahoi.
.
Pattimura merupakan seorang kesatria keturunan Matulessy yang masih ada hubungan saudara dengan raja Maluku.
.
Dia yang selama ini dikenal sebagai seorang Kristen ternyata seorang Muslim. Karena seluruh keturunan Ambon bermarga Matulessy adalah muslim.
.
Dia pernah berkarir sebagai mantan sersan militer Inggris. Namanya dikenal karena memimpin perlawanan rakyat Maluku melawan Belanda melalui perang Pattimura.
.
Awal Mula Perang Melawan Belanda dan Perang Pattimura :
Sejak abad ke 17 dan 18 berlangsung serentetan perang bersenjata melawan Belanda (VOC).
.
Perang terjadi karena penindasan kolonialisme Belanda dalam bentuk monopoli perdagangan, pelayaran hongi, kerja paksa dan sebagainya.
.
Penindasan dirasakan di semua sisi kehidupan rakyat, baik segi ekonomi, politis, dan segi sosial psikologis.
.
Selama dua ratus tahun, rakyat Maluku mengalami perpecahan dan kemiskinan. Rakyat Maluku memproduksi cengkeh dan pala untuk pasar dunia namun tidak membawa keuntungan .
.
Hal ini lantaran, adanya kebijakan pajak berupa penyerahan wajib (verplichte leverantien) dan contingenten serta blokade ekonomi yang mengisolasi rakyat Maluku dari pedagang-pedagang Indonesia lainnya.

Semoga bermanfaat.

(Redaksi)

#taarufislami #AdaApaHariIni #CeritaPembelajaranHidup #60menit.co.id/shot-film-pendek