Gelar Rakor Tingkat Kabupaten, Bupati Ciamis Fokuskan Keamanan dan Kesehatan Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Gelar Rakor Tingkat Kabupaten, Bupati Ciamis Fokuskan Keamanan dan Kesehatan Masyarakat

60 MENIT
Jumat, 29 Juli 2022

60menit.co.id | Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya pad Rakor Tingkat Kabupaten, Aula Sekretariat Daerah, Jumat 29/07/2022 (Seprudin). 


60MENIT.co.id, Ciamis | Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Aula Sekretariat Daerah, Jum'at (29/07/2022). 


Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh unsur Forkopimda Ciamis, para Kepala SKPD serta Camat se- Kabupaten Ciamis.


Dalam arahannya, Bupati Ciamis lebih memfokuskan pada keamanan dan kesehatan masyarakat seperti dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi booster atau dosis 3.


Selain itu terkait upaya penurunan angka stunting dan himbauan kewaspadaan serta kehati-kehatian bagi masyarakat dalam menghadapi cuaca yang cukup ekstrim di Kabupaten Ciamis. 


Saat ini kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kota lain treckingnya kembali meningkat, oleh karenanya kita tidak boleh abai dengan tetap mempedomani protokol kesehatan dan yang terpenting melaksanakan vaksinasi dosis 3 atau booster.


Capaian vaksinasi Kabupaten Ciamis sendiri sampai tanggal 28 Juli 2022 untuk Dosis 1 mencapai 92.49%,  dosis ke 2 mencapai 80.76% dan untuk dosis ke 3 booster mencapai 37,5%.


Oleh karenanya, Bupati menghimbau kepada para kepala OPD, Camat serta Kepala Desa agar edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat kembali dilaksanakan. 


"Berikan edukasi sosialisasi pada masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi dosis 3, baik melalui pertemuan atau baliho-baliho dengan redaksi yang baik dan mengena," tegasnya. 


Bupati menyampaikan butuh keterlibatan semua pihak untuk turunkan angka stunting


"Bahwa angka stunting di Kabupaten Ciamis masih cukup tinggi, oleh karenanya butuh keterlibatan semua pihak untuk penanganannya. Masalah stunting harus di pantau dan dicegah dari sejak dini dari sejak  mengandung salah satunya dengan  mengkonsumsi makanan yang bergizi," terangnya. 


Meski begitu, Ia menjelaskan walaupun angka stunting cukup tinggi tapi masih bisa dibarengi dengan penurunannya yang lumayan tinggi.  

Tentunya hal ini bisa terwujud salah satunya dengan keterlibatan semua pihak sehingga upaya penurunan bisa dilaksanakan, Bupati Herdiat Sunarya ke awak media 60Menit.com menjelaskan dan mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim.


60menit.co.id


Dalam rakor tersebut  Bupati Ciamis mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam menghadapi cuaca yang cukup ekstrem di wilayah Kabupaten Ciamis. 


"Menghadapi cuaca yang cukup ekstrim ini Camat dan Kepala Desa agar dapat lebih meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan mensosialisasikan kepada masyarakat dalam mengantisipasinya", ucapnya. 


Beliau juga mengimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan penghijauan untuk mencegah terjadinya kemungkinan bencana yang tidak diinginkan. 


"Apabila terjadi bencana, Camat harus cepat tanggap, kunjungi warga terdampak dan laporkan BPBD agar langsung ditangani, " Tandasnya. 


Selain hal tersebut, Bupati Herdiat juga membahas kaitannya dengan disiplin terhadap prokes maupun keselamatan masyarakat dalam berkendaraan utamanya bagi para pelajar. 


Kelihatan sekali disiplin masyarakat sudah turun baik disiplin prokes, keselamatan pribadi dan orang lain termasuk dalam berkendara, 


"Saya sering melihat anak anak SD maupun SMP yang membawa kendaraanya ke sekolah terutama di daerah-daerah itu, demi keselamatan para pelajar, saya instruksikan kepada pihak Dinas Pendidikan untuk membuat Surat Edaran terkait larangan siswa SD dan SMP untuk membawa kendaraan ke sekolah," ujarnya.


(P Seprudin)