Minimalisir Penyebaran Sampah Sungai Satgas Sektor 22 Sub 06 Pasang Jaring di Perbatasan Bandung Cimahi
-->

Advertisement Adsense

Minimalisir Penyebaran Sampah Sungai Satgas Sektor 22 Sub 06 Pasang Jaring di Perbatasan Bandung Cimahi

60 MENIT
Jumat, 29 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 sedang masang  jaring sampah di Sungai Cikendal, Jumat 29/07/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Solusi minimalisir sebaran sampah sehingga tidak mencemari berkepanjangan di sepanjang sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 memasang jaring sampah di Anak Sungai Cikendal wilayah perbatasan Gempol Sari Kecamatan Bandung Kulon dengan Kelurahan Melong Kota Cimahi.


Wilayah ini sudah biasa tempat menumpuk sampah, karena kondisi perbatasan sehingga kontroling dari wilayah Cimahi sampah kurang terawasi.


"Memasang jaring sampah ini sebagai upaya untuk menghindari tersebarnya sampah ke aliran sungai lebih jauh lagi, apa lagi di sini sebagai perbatasan Wilayah Kota, maka akan bisa diketahui jika ada kiriman sampah di Kota Cimahi ke wilayah kita," kata Peltu Aris Santoso, selaku Dansub 06 di Sektor 22 Citarum Harum kepada awak media, Jumat 29 Juli 2022.


Lebih bijak lagi pemahaman fungsi jaring sampah di wilayah ini yaitu untuk mempermudah pengangkatan sampahnya, solnya waktu ke belakang Satgas Sektor 22 Sub 06 sering mengangkat sampah di tempat ini dengan hasil jumlahnya Tonase dalam satu kali pengangkatan. 


Pasca melakukan pengangkatan sampah dan pembuatan jaring sampah di Anak Sungai Cikendal, Peltu Aris Santoso mengarahkan anggotanya supaya berbagi wilayah untuk melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada masyarakat. 


Patroli Sungai kita lakukan di Anak Sungai Cicukang wilayah Rt.05 Rw.09 kelurahan Margasuka kecamatan Babakan Ciparay, Alhamdulillah kondisi air, berwarna bening, tidak berbau, tidak berbusa namun masih terdapat rumput liar di sekitar Kirmir sungai, begitupun di Anak Sungai Cipenya Cigondewah Kidul bahwa air sungainya pun sama seperti yang diatas," jelas Aris.

       

Seperti biasa Satgas Sektor 22 pada umumnya yaitu melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat secara door to, begitupun Satgas Subsektor 06, melakukan komunikasi sosial di wilayah Rw 05 Babakan Ciparay dan Cibuntu.


"Kita mengajak kepada warga setempat untuk hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, intinya sih itu yang kita sampaikan kepada mereka," tutup Aris.


(zho)