Normalisasi Sungai Cinambo, Dipantau Satgas Sektor 22 Sub 09
-->

Advertisement Adsense

Normalisasi Sungai Cinambo, Dipantau Satgas Sektor 22 Sub 09

60 MENIT
Kamis, 21 Juli 2022

60menit.co.id | Tampak sebuah Truk sedang diisi sedimentasi hasil pengerukan di Sungai Cinambo wilayah Rw 04 Cisaranten Kidul Gedebage, Kamis 21/07/2022 (zhovena) 


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 di wilayah Sub 09, masih melaksanakan pengerukan sungai dalam progres normalisasi saluran di Sungai Cinambo di wilayah Rw. 04 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage.


Dikatakan Peltu Ihwan Maryudin selaku Dansub 08 Sektor 22, bahwa pengerukan Sungai Cinambo ini sudah berjalan beberapa bulan ke belakang, dengan atensi mengeruk sedimentasi sungai.


"Wilayah Sungai Cinambo sepanjang ini sudah terisi sedimentasi yang menahun, bahkan di sebagian wilayah terjadi penyempitan sungai, maka sudah sewajarnya jika pengerukan sungai ini dilakukan," kata Ihwan, Kamis 21 Juli 2022.


Normalisasi Sungai Cinambo lebih ke Konservasi sungai, karena area pengerukan sangat panjang dan luas, dalam Perpres 15/ 2018 bahwa untuk menciptakan kondisi sungai yang sehat dan bersih meski adanya percepatan penanggulangan kerusakan daerah aliran sungai.


Dengan pedoman di atas Satgas Sektor 22 Citarum Harum masif bergerak pada koordinasi perbaikan sungai yang diajukan ke dinas yang berwenang sesuai tufoksinya.


"Kita selalu koordinasi dengan dinas terkait, dalam hal ini yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, kita berkolaborasi bahkan kedua alat berat ini kita menggunakan milik Pt Pindad Persero," tukas Ihwan.


Peltu Ihwan Maryudin menambahkan, giat alat berat di hari ini yaitu menata area, menumpuk disposal, pengerukan sungai sepanjang 10M, lebarnya 2M dan kedalaman hingga 2M. 


"Semua sedimentasi diangkut dengan volume 40 M² menggunakan dua unit truk, sedangkan alat berat yang digunakan adalah excavator PINDAD Long Arm EXCAPA 200 dan excavator PINDAD STD SK 200," jelas Ihwan.


(zho).