Penataan Sungai Cikapundung Kolot, Pasca Penertiban Satgas Sektor 22 Sub 5 Tanami Pohon Keras
-->

Advertisement Adsense

Penataan Sungai Cikapundung Kolot, Pasca Penertiban Satgas Sektor 22 Sub 5 Tanami Pohon Keras

60 MENIT
Sabtu, 16 Juli 2022

60menit.co.id | Serka Rudi Irawan (Dansub 5/22) persiapan penanaman pohon di bantaran Sungai Cikapundung Kolot Kel. 


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 bersama Dinas, Mahasiswa UPI dan unsur kewilayahan melaksanakan penanaman pohon di bantaran sungai Cikapundung Kolot wilayah RW. 05 Kelurahan Gumuruh Kecamatan Batununggal Kota Bandung. Sabtu (16/07/22).


Pasca penertiban bangunan liar yang ada di sempadan sungai cikapundung kolot tentunya banyak menyisakan rasa traumatis akan terbengkalainya bangunan yang sudah hancur.


Namun demikian dengan unsur gabungan bisa lebih mempercepat proses perapihan serta perataan dari sisa reruntuhan bangunan tersebut.


Tentunya, untuk menghilangkan traumatis tersebut, lahan yang sudah kosong di jadikan lahan yang bermanfaat bagi masyarakat, dalam hal Sektor 22 Sub 05 bersama Mahasiswa UPI, Dinas dan Kewilayahan lakukan penghijauan tanaman produktif.


Penanaman dilakukan untuk mempercantik dan penghijauan area bantaran sungai yang ada, dan tentunya yang di tanam merupakan tanaman produktif. Selain itu agar tidak ada lagi yang membangun bangunan di bantaran sungai.


Dansub 05 Satgas Citarum Harum Serka Rudi Irawan menyampaikan, penanaman di laksanakan dengan tujuan memberikan progress awal pasca penertiban Bangunan liar di Sungai Cikapundung Kolot wilayah RW. 05 Gumuruh.


“Mengingat lahan yang ada harus diberikan rangsangan untuk sesegera mungkin di isi dengan hal-hal yang positif. lahan yang tadinya penuh dengan bangunan yang sekarang sudah kosong, kami isi dengan menanam pohon”. Jelasnya.


Lanjut Serka Rudi Irawan, pohon mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat vital bagi kehidupan manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya, serta lingkungan hidup global.


"Semoga dengan penanaman pohon di bantaran sungai Cikapundung Kolot, masyarakat sekitar bisa melanjutkan untuk menjaga dan merawatnya, Karena pohon itu akan sangat bermanfaat di kemudian hari untuk warga setempat". Harapnya.


Pihaknya juga mengajak, “Mari kita sama-sama jaga alam ini, karena jika kita menjaganya maka alam pun akan menjaga kita, dan jangan lupa jaga kebersihan".


"Jangan membuang sembarangan terutama ke Daerah Aliran Sungai (DAS)”. Tutup Serka Rudi Irawan. 


(Sholeh)