Rangkaian BBGRM, Satgas Sektor 22 Sub 06 Tanam Pohon Bersama Pemerintah
-->

Advertisement Adsense

Rangkaian BBGRM, Satgas Sektor 22 Sub 06 Tanam Pohon Bersama Pemerintah

60 MENIT
Rabu, 13 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06, tanam pohon keras pada rangkaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang ke-XIX Tahun 2022 di wil. Rt.04/Rw.01 kel.Cigondewah kaler Bandung Kulon, Rabu 12/07/2022 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIX Tahun 2022, Satgas Sektor 22 Sub 06 bersama kewilayahan menggelar Tanam Pohon Keras di wilayah Rt.04 Rw.01 Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung.


Peltu Aris Santoso, selaku Dansub 06 Sektor 22 menyampaikan isian kegiatan memaknai arti gotong royong sehingga melibatkan berbagai insan, yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat berikut Forkompincam berjibaku bersama Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06.


"Penghijauan ini mengingatkan budaya asli bangsa, bersatu padu dalam membangun daerah kewialayahan untuk pemajuan bersama, begitupun pengembalian fungsi lingkungan," kata Aris.


Penanaman pohon keras sebagai upaya perbaikan tata kelola lingkungan, pohon ini selain menyuplai udara untuk kebutuhan hidup bahkan makna yang lebih luas lagi yaitu mengembalikan fungsi tanah, sehingga akan menabung Bank Air yang disebut Air Tanah yang seimbang dengan Iklim.


Beberapa lembaga turut tanam pohon.


Pohon keras yang ditanam di lokasi ini yaitu, Rambutan 36 pohon dan bambu 42 pohon, yang dihadiri oleh Camat Bakul (Dr. Asmara Hadi, M.Pa.,), Danramil 0618 Kec.Bakul (Kapten Art. Anto), Dansub 06 sektor 22 (Peltu Aris Santoso dan Anggota), Sekcam Bakul (Latif), Kapolsek kec. Bakul (Akp. Yayan), para Lurah se-Kecamatan Bakul, Kepala K.U.A kec. Bakul (Drs. Agus Imam), Ketua MUI Bakul (Kh. Arif MC), Kasi Ekbang Kec. Bakul (Marice Deborah), Ketua LPM Kec.Bakul (H. Iman Rohiman), Ketua LPM Kel. Bakul (Saifuloh), Ketua Karang Taruna Kec. Bakul (Wilda), Kepala Sekolah SMP Negri 55 (Sabar Mulyana, S.Pd.,), Ketua Rw. 01 (Dewi) dan Ketua Tp-PKK se-Kecamatan Bandungkulon (Yosi).


Peltu Aris Santoso melakukan giat lanjutan pasca penanaman pohon yaitu giat rutin patroli sungai di wilayah kerja Subsektor 06, yaitu Sungai Cicukang wilayah Rt.05 Rw.09 kelurahan Margasuka Babakan Ciparay, dengan hasil warna air bening, tidak berbau dan masih ada rumput liar di sekitar bantaran sungai.

 

"Sedangkan Sungai Cipenya wilayah Rt.02 Rw.02 kelurahan Cigondewah Kidul di kecamatan Bandung Kulon yaitu tidak berbau, warna air bening dan masih ada tanaman rumput di kirmir sungai," ujarnya.


Untuk memfokuskan tujuan Program Citarum Harum, Peltu Aris Santoso melakukan sosialisasi di wilayah Rt.04 Rw.09 kelurahan Margasuka kecamatan Babakan Ciparay dan Kelurahan Cigondewah Kidul Bandung Kulon dengan isian, mengajak kepada warga sekitar untuk gotong royong dalam melaksanakan kebersihan lingkungan sekitar.


(zho)