Tak Lepas Tupoksi Satgas Citarum Harum, Dansub 11 Sektor 22 Larut dalam Panitia Kurban di Masyarakat
-->

Advertisement Adsense

Tak Lepas Tupoksi Satgas Citarum Harum, Dansub 11 Sektor 22 Larut dalam Panitia Kurban di Masyarakat

60 MENIT
Minggu, 10 Juli 2022

60menit.co.id | Dansub 11/22 Citarum Harum, Serma Abdulloh Fawzi menyatu dengan masyarakat dalam giat Iduladha 1443 H - 2022 M, Minggu 10/07/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 larut dalam perayaan Iduladha 1443 H -2022 M, Selaku Dansub Serma Abdulloh Fawzi mengisyaratkan bahwa Prajurit TNI merupakan Manunggal Rakyat bersatu padu bersama rakyat.


Sejatinya Prajurit TNI, Serma Abdulloh Fawzi mengatakan, berkecimpung di tengah masyarakat memposisikan pelayanan terhadap mereka menjadi Panitia Kurban dan membantu kelancaran kegiatan rohani.


"Di tengah-tengah libur Hari Raya Idul Adha, kita sebagai satgas Citarum Harum Sektor 22 membantu unsur kewilayahan menjadi panitia qurban, disamping itu kita menyelia kotoran hewan kurban jangan sampai mencemari sungai," jelas Abdulloh Fawzi kepada wartawan, Minggu 10 Juli 2022.


Memahami tugas pokok dan fungsi sebagai Satgas Citarum Harum, Dansub 11 tidak lepas dari visi dan misi kandungan Perpres 15 Tahun 2018, yaitu sebagai pedoman langkah dan gerakan Satgas Citarum Harum.


Serma Abdulloh Fawzi menambahkan, keterlibatan dalam panitia Iduladha ini selain melakukan ibadah sebagai muslim juga sebagai sosial kontrol penertiban limbah dalam penertiban keutuhan sungai.

 

"Kegiatan ini sekaligus mengecek lokasi pemotongan hewan agar tidak membuang darah/limbah langsung ke badan sungai," singkatnya.


Serma Abdulloh Fawzi pun menjelaskan kepada panitia kurban sebelum penyembelihan dimulai, dengan isian tidak mengizinkan membuang kotoran sembarangan, sehingga ada cara dengan ide semua limbah kurban di kubur langsung. Dengan aturan ini maka semua tujuan ibadah kurban bisa diraih dan tidak meninggalkan jejak jelek di tengah lingkungan.


"Insha Allah diawali pemilihan jenis hewan kurban hingga pemotongan dan pembagian hewan qurban kepada warga sekitar bisa terkendali aman, bahkan manfaat kurban sendiri yaitu memperoleh keberkahan hidup sebagai bekal dan pertolongan di hari akhir," ujar Abdulloh.


Ia pun menambahkan, "Bahwa kegiatan ini bisa mempererat silaturahmi dengan sesama," tutupnya.


(zho)