Upaya Stabilisasi Air Tanah, Satgas Sektor 22 Sub 17 Tanam Drumpori di Lahan Kritis Cimenyan
-->

Advertisement Adsense

Upaya Stabilisasi Air Tanah, Satgas Sektor 22 Sub 17 Tanam Drumpori di Lahan Kritis Cimenyan

60 MENIT
Senin, 25 Juli 2022

60menit.co.id | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 pemasangan Drum Pori di wilayah Lahan Kritis Cimenyan, Senin 25/07/2022 (Mg.Ule)


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Berlimpahnya curah hujan di negeri ini merupakan sebuah anugerah yang patut kita syukuri. Namun pada kenyataannya hal itu terkadang hadir menjadi masalah bahkan menjadi musibah.


Hal ini terjadi seiring dengan hadirnya banyak permasalahan yang saling keterkaitan diantaranya semakin sempitnya RTH dan hilangnya sebagian besar area resapan air di lahan kritis yang ada Kawasan Bandung Utara (KBU).


Terkait hal itu, Sektor 22 Citarum harum Sub 17 untuk terus memacu program berbasis penangkapan air hujan melalui program Drum Pori di kawasan tersebut.


Dansub 17 Sertu Tasban Doloan mengatakan, pemasangan drumpori harus terus dilakukan sebagai bagian dari mewujudkan mimpi besar tentang kepedulian terhadap lingkungan. 


"Pemasangn Drumpori dilakukan di wilayah RW 12 Catil Desa Cimenyan Kec. Cimenyan kab. Bandung". Katanya. Senin (25/7/2021)


Sertu Tasban Doloan menjelaskan, metode Drumpori menggunakan drum bekas berkapasitas 200 liter yang bertujuan untuk menampung air hujan yang dapat mengurangi banjir serta menampung air saat kemarau.


"Drum pori digunakan berukuran standar dengan kapasitas 200 liter yang di tanam kedalam tanah sehingga air tidak terbuang saat musim hujan". Jelasnya.


Ia berharap, penggunaan drum pori ada di setiap lingkungan masyarakat. Mereka bisa mencontoh bagaimana cara memanen air kedalam tanah sehingga air tidak terbuang saat hujan.


"Kedepan kita terapkan di lingkungan masyarakat, tujuannya air masih bersih dari hujan dan tidak tercampur dengan yang lain". Pungkasnya. 


(M.Warman)