Dari Sungai Hingga Lahan Kritis, Satgas Sektor 22 Sub 11 Lakukan Perawatannya
-->

Advertisement Adsense

Dari Sungai Hingga Lahan Kritis, Satgas Sektor 22 Sub 11 Lakukan Perawatannya

60 MENIT
Sabtu, 27 Agustus 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 bersama DSDABM Kota Bandung melakukan pembersihan Anak Sungai Cipamulihan di wilayah Rw 05 Kelurahan Mekarmulya kec. Panyileukan Kota Bandung, Sabtu 27/08/2022 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Kolaborasi antara Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama Pemerintah Daerah semakin terlihat kuat di pembersihan Anak Sungai Cipamulihan wilayah Rw 05 Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. 


Hal diatas diucapkan oleh Dansub 11 Sektor 22, Serma Abdulloh Fawzi ketika perawatan sungai di area Kolam Retensi Gedebage, tepatnya Anak Sungai Cipamulihan. 


"Kolaborasi ini merupakan kesepahaman kita dari Satgas Sektor 22 Citarum Harum, hari ini bersama Dinas Sumberdaya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung mengangkat tumpukan sampah domestik berupa dedaunan dan segala macamnya," jelas Abdulloh Fawzi kepada awak media Citarum Harum, Sabtu 27 Agustus 2022. 


Upaya pengembalian air sungai yang bersih dan sehat oleh Satgas Sektor 22, terus bergerak masif disegala bidang, yaitu berbagai jenis tindakan yang sangat erat dengan tujuan program Citarum Harum. 


Sampah yang menumpuk mengganggu aliran sungai dibersihkan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11.

Serma Abdulloh Fawzi melakukan hal di atas berdasarkan tugas pokok dan fungsi sebagai eksekutor di lapangan untuk memimpin dan menggerakkan semua elemen supaya aktif dalam perawatan sungai. 


"Salahsatunya adalah pengawasan pembangunan Ipal Komunal, langkah ini hasil edukasi dan persuasif kita dengan pemerintah daerah, yaitu pengembangan infra struktur pencegahan pencemaran tinja manusia bagi masyarakat bantaran sungai yang masih belum memiliki Seftick Tank, sehingga bisa memfasilitasi daya filterisisasi tinja masyarakat dengan volume yang banyak," jelas Abdulloh.


Serma Abdulloh Fawzi, Dansub 11 Sektor 22 Citarum Harum melakukan patroli lahan kritis wilayah KBU Ujungberung Kota Bandung.


Bergerak di wilayah kerja Suh 11 / 22 bagian Ujungberung, Satgas Sub 11 melakukan upaya percepatan Progres Sektor 22 Citarum Harum, ia pun melakukan patroli sungai, patroli saluran air limbah industri dan pengendalian lahan kritis di wilayah Kawasan Bandung Utara bagian dataran tinggi Kota Bandung. 


Ia mengatakan, pengendalian lahan kritis wilayah Ujungberung adalah dengan perawatan tanaman keras hasil tanam Satgas dan Pemerintah Daerah, "Sehingga tumbuh kembangnya hasil penghijauan bisa dikendalikan, supaya tumbuh maksimal sesuai harapan Citarum Harum," imbuhnya.


Hal serupa disertai dengan melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat setempat, dengan harapan mengaktifkan rasa tanggung jawab bersama dalam memelihara lingkungan yang hijau dengan tanaman keras termasuk warga yang berdekatan dengan sungai jangan sampai membuang sampahnya sembarang tempat.


(zho)