Patroli Bangunan Liar oleh Satgas Sektor 22 Sub 05, Ditemukan Hal Lain di Patroli Sungai
-->

Advertisement Adsense

Patroli Bangunan Liar oleh Satgas Sektor 22 Sub 05, Ditemukan Hal Lain di Patroli Sungai

60 MENIT
Sabtu, 27 Agustus 2022

Tampak Koptu Carli anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 sedang melakukan patroli dan pengawasan pembongkaran bangunan liar di Anak Sungai Cikapundung Kolot, kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, Sabtu 27/08/2022 (Foto : zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Patroli sungai dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 05 bermanfaat dalam beberapa temuan, berawal dari sampah domestik, sedimentasi, gulma sungai (rumput liar), prilaku masyarakat terhadap sungai, bangunan liar dan berbagai limbah yang mencemari sungai. 


Hal di atas dikatakan Dansub 05 Serma Rudi Irawan, bahwa patroli sungai sangat banyak manfaat bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22, karena hasilnya akan menjadi garapan prioritas aksi satgas. 


"Hasil dari patroli sungai itu akan kita eksekusi hari berikutnya, jika ada temuan yang signifikan seperti hal yang menggangu daerah aliran sungai akan kita utamakan dalam aksi tersebut," tegas Serka Rudi Irawan kepada awak media di Posko 22, Sabtu 27 Agustus 2022. 


Lebih lanjut Serka Rudi Irawan menjelaskan bahwa dirinya selaku Dansub 05 hari ini menugaskan anggotanya untuk melakukan patroli sungai dan patroli bangunan liar, yaitu Pratu Sabdin dan Koptu Carli di wilayah SubSektor 05. 


Hal serupa disampaikan pula oleh Pratu Sabdin, ia mengatakan patroli bangunan liar terfokus di Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, di sana ditemukan warga sedang melakukan bongkar secara mandiri di beberapa unit bangunan, hal tersebut dilakukan mereka karena sudah ada sosialisasi dari pihak Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama aparat kewilayahan.


Koptu Carli (kiri jeket hitam) bersama Pratu Sabdin (loreng) sedang mengawasi kemajuan Sungai Cicadas pada giat Patroli Sungai Sektor 22 Citarum Harum.


"Kita mengawasi warga yang sedang melakukan bongkar bangunannya secara mandiri, intinya mereka mengambil material yang bisa digunakan kembali untuk membangun rumahnya di tempat pribadi," jelas Pratu Sabdin.


Kegiatan patroli dan pengawasan bangunan liar oleh Satgas Subsektor 05 berada di bantaran sungai Cikapundung Kolot Rw 07 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal, "Disini ada puluhan bangunan liar, namun yang melakukan bongkar secara mandiri hanya beberapa rumah saja," imbuh Sabdin. 


Pada giat patroli sungai dan patroli bangunan liar, Satgas Subsektor 05/22 melengkapi pula dengan komunikasi sosial yang sudah baku menjadi salah satu program utama di Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu edukasi terhadap warga dengan mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat yang sangat bersentuhan dengan Program Citarum Harum. 


"Hari ini kita melakukannya di beberapa wilayah SubSektor 05, yang menurut kita wilayah tersebut sangat signifikan berhubungan dengan beberapa temuan di lapangan, dengan harapan mereka bisa lebih mentaati aturan yang berlaku supaya tujuan Program Citarum Harum cepat terwujud sesuai rencana," jelas Sabdin. 


(zho)