Yana Resmikan Jembatan Cika Cika Sebagai Apresiasi Komunitas Lingkungan
-->

Advertisement Adsense

Yana Resmikan Jembatan Cika Cika Sebagai Apresiasi Komunitas Lingkungan

60 MENIT
Kamis, 25 Agustus 2022

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama Kok. Inf. Eppy Gustiawan dihadapan komunitas pecinta lingkungan pada persemian Jembatan Cika-cika di Kelurahan Dago, Kamis 25/08/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Sebagai apresiasi kepada kelompok atas menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, meresmikan jembatan Cika Cika, di Kelurahan Dago Kecamatan Coblong, Kamis 25 Agustus 2022. 


Wali Kota Bandung, Yana Mulyana didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Didi Ruswandi serta Ketua Komunitas Cika Cika, Abah Gofar meresmikan langsung jembatan tersebut.


Ketua Komunitas Cika Cika, Abah Gofar mengucapkan terima kasih atas diresmikannya jembatan Cika Cika. Hal tersebut sangat berdampak positif bagi mobilitas masyarakat. Cika Cika merupakan singkatan dari Cikapundung - Cikapala. 


"Komunitas Cika Cika mempunyai visi melindungi bantaran sungai Cikapundung dari berbagai limbah serta mendukung program kerja pemerintah tentang lingkungan hidup," katanya. 


Wali Kota Bandung (Yana Mulyana)


Sementara itu, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi kepada komunitas yang tengah menjaga lingkungan selama ini. 


"Kami apresiasi komunitas yang menjaga lingkungan, sehingga ekosistem tempat ini berjalan dengan baik. Hal ini juga ikut menjaga kebersihan sungai yang melintas ke Bandung," katanya. 


Yana berharap, semakin banyak aktivitas seperti ini untuk menjaga lingkungan. 


"Harapannya makin banyak aktivitas seperti ini menjaga bersama," katanya. 


Jembatan Cika-cika melintasi Sungai Cikapundung wilayah Dago.


Menurutnya, terdapat ruang yang banyak dimanfaatkan. Ruang publik, sampai ruang edukasi hingga mampu menarik wisatawan juga. 


"Jadi ruang publik dulu, tempat ini dimanfaatkan sebanyak mungkin orang. Ada tempat edukasi, menarik juga buat wisata. Harapannya bisa dipelihara dengan baik oleh masyarakat," tuturnya. 


Terkait penataan sungai, Yana mengaku terus berkordinasi dengan pengelola cekungan Bandung yang melibatkan 5 wilayah kabupaten kota di aglomerasi Bandung. 


Perspektif Jembatan Cika-cika


"Kemarin ada pertemuan dengan pengelola Cekungan Bandung melibatkan 5 wilayah kabupaten kota di aglomersi Bandung. Memang hulunya wilayah lain itu butuh kordinasi. Itu diinisiasi oleh Badan Pengelola Cekungan Bandung. Kuncinya kordinasi lintas wilayah yang diambil oleh tingkat besar," katanya. 


Sedangkan, Kepala DSDABM, Didi Ruswandi menyampaikan, jembatan ini memfasilitasi ruang ekspresi dan edukasi komunitas Cika Cika yang bergerak di bidang lingkungan seni dan budaya. 


"Jembatan ini merupakan apresiasi pemerintah atas dedikasi dan partisipasi aktif komunitas Cika Cika dalam menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan sungai," tuturnya. 


(zho/yan)