Perawatan Anak Sungai Citepus oleh Satgas Sektor 22 Sub 14 Tingkatkan STBM pada Masyarakatnya
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Anak Sungai Citepus oleh Satgas Sektor 22 Sub 14 Tingkatkan STBM pada Masyarakatnya

60 MENIT
Kamis, 08 September 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 membersihkan anak Sungai Citepus di Rw 04 Kelurahqn Wates Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung, Kamis 8/09/2022 (zhovena).


60MENIT.co.id, Bandung | Perawatan sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 14 hari ini melakukan di Anak Sungai Citepus wilayah Rw 04 Kelurahan Wates Kecamatan Bandung Kidul. Dipimpin oleh Serma Andrian DJ. 


Menurutnya perawatan sungai ini merupakan suatu aksi untuk memengaruhi mental masyarakat dan aparatnya supaya bisa meningkatkan rasa empati terhadap sungai dan lingkungan. 


"Kita menyebutnya kegiatan fisik, yaitu aksi membersihkan sungai dengan tujuan memengaruhi nurani masyarakat dan aparatnya supaya bisa meningkatkan rasa peduli kebersihan terhadap sungai dan lingkungan," jelas Serma Andriyan Dwi Julianto kepada awak media di lokas karya bakti, Kamis 8 September 2022.


Hal ini bisa juga disebut edukasi mental oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 terhadap masyarakat, karena memiliki tujuan memberikan contoh supaya warga menjaga kebersihan sungai dan melestarikan budaya gotong royong yang sudah mengakar di setiap warga dalam kebersamaan membangun sebuah tata lingkungan yang bersih dan sehat. 



Begitu pula dalam menciptakan kebersihan sungai yang selama ini sudah terjadi kerusakan baik terhadap kandungan airnya maupun terhadap kondisi fisik daerah aliran sungai. 


"Sungai jika tidak dirawat maka akan mudah rusak, terutama kandungan airnya yang penuh pencemaran limbah, oleh karena itu aksi fisik perawatan sungai kita lengkapi dengan komunikasi sosial kepada masyarakat dengan isian sosialisasi edukasi prilaku masyarakat dengan materi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)," kata Andriyan.


STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan hidup bersih dan sehat yang mengefek kepada Prilaku Hidup Sehat dan bersih yang diviralkan oleh lembaga kesehatan negara. 

Menurut Serma Andriyan Dwi Julianto, jika lapisan masyarakat sudah terpola dengan STBM maka program Citarum Harum akan mudah tercapai, "Karena cita-cita Citarum Harum untuk menciptakan kondisi sungai yang bersih dan sehat," tutup Andriyan. 


(zho)