Perawatan Khusus Sungai Cikapundung Wilayah Pusat Kota oleh Satgas Sektor 22 Sub 12
-->

Advertisement Adsense

Perawatan Khusus Sungai Cikapundung Wilayah Pusat Kota oleh Satgas Sektor 22 Sub 12

60 MENIT
Senin, 26 September 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12  membersihkan sampah dan rumput liar di Sungai Cikapundung wilayah RW. 08 Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Senin 26/09/22 (Mg.Oleh).


60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 melaksanakan pembersihan sampah dan rumput liar di sungai Cikapundung wilayah RW. 08 Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Senin (26/09/22).


Terpantau di lokasi anggota Satgas Citarum Harum Sub 12 bersama Gober membersihkan sampah-sampah dan pembabadan rumput liar sepanjang 200 meter yang ada di sungai dan area sekitarnya.


Dalam kegiatan tersebut, Dansub 12 Peltu Ade Sukmana memimpin secara langsung pembersihan sungai, selain mengawasi ikut serta turun ke sungai untuk membantu membersihkan area tersebut.


Saat di Konfirmasi, Peltu Ade Sukmana menyampaikan, pembersihan yang di lakukan tentunya bukan hal pertama kalinya, namun sudah menjadi tugas pokok serta kewajiban Satgas Citarum Harum.


"Hal ini kami laksanakan mengingat Daerah Aliran Sungai (DAS) yang khususnya berada di sungai yang melintasi perkotaan harus benar-benar terlihat bersih dan sehat, sehingga ekosistem pun dapat seimbang". Ucapnya.


Dengan demikian, lanjut Peltu Ade, walau kita bersihkan setiap hari, jika tingkat kesadaran masyarakat kotanya kurang, ya, mungkin selamanya akan seperti ini kondisi sungainya.


"Kami menginginkan, sungai-sungai yang khususnya berada di wilayah kami dan umumnya di daerah-daerah lain yang bermuara ke sungai Citarum itu semuanya bersih". Imbuh Ade.


Jika sungai bersih, Ade mengatakan, selain bisa menyeimbangkan ekosistem yang ada, hal tersebut juga mungkin bisa menjadi wahana atau wisata baru bagi masyarakat, tergantung dari pengelolaan dan peruntukannya saja nanti.


"Berharap dari apa yang kami lakukan, kedepan bisa membuahkan hasil yang maksimal dan untuk generasi seterusnya dapat selalu menjaga dan melestarikan alam ini terutama daerah aliran sungainya". Tutup Peltu Ade. 


(Sholeh)