Upaya Pencegahan Pencemaran, Satgas Sektor 22 Sub 16 Optimalkan Komposter dan Edukasi
-->

Advertisement Adsense

Upaya Pencegahan Pencemaran, Satgas Sektor 22 Sub 16 Optimalkan Komposter dan Edukasi

60 MENIT
Selasa, 06 September 2022

Serma Dodi Candra (kiri) bersama anggota sedang mengolah kompos di Ds. Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kab. Bandung Barat, Selasa 6/09/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang | Sebagian solusi pencegahan pencemaran sungai dan lingkungan oleh kotoran hewan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, melakukan optimalisasi pembuatan kompos bertempat di Desa Gudang Kahuripan. 


Serma Dodi Candra selaku Dansub 16 di Sektor 22 Citarum Harum mengatakan, olah kompos ini sebagai bukti bahwa pasukan TNI ini benar-benar mengabdi kepada masyarakat, dengan aksi selama ini selalu bersama rakyat maka tidak heran dijuluki TNI Manunggal Rakyat. 


"Kita bertugas sebagai Satgas Citarum Harum di Sektor 22, karena kita TNI maka masyarakat merupakan keluarga kita terdekat, dengan asumsi ini maka segala sesuatu aksi kita selalu bersama mereka," jelas Dodi, kepada awak media di lokasi pengomposan, Selasa 6 September 2022. 


Prosesi Pengomposan.


Pengabdian ini baginya tersalurkan lewat Program Citarum Harum, dengan jejak digital yang syah menurut peraturan perundang-undangan yakni Perpres 15 Tahun 2018, pada pencanangan pembangunan mental masyarakat untuk penciptaan kondisi sungai yang bersih dan sehat. 


Kendala yang paling jelas pencemaran sungai oleh limbah kimia, banyak pula terindikasi oleh tinja manusia, kotoran hewan dan limbah domestik lainya.


"Kecamatan Lembang ini terkenal dengan komoditi susu murni Nasional, hingga 2400 ekor sapi susu diternak oleh masyarakat, maka dampaknya overload kotorannya ke lingkungan dan sungai, secara perlahan kita mengambil solusi untuk menutup pencemaran ini," jelas Dodi.


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 door to door mensosialisasikan Program Citarum Harum kepada masyarakat dan aparatnya.


Upaya pengomposan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 adalah hanya sebagian kecil pencegahan, namun demikian Satgas Sektor 22 Citarum Harum terus melakukan pendekatan sampai tingkat pusat untuk menentukan solusi yang tepat penutupan pencemaran kotoran hewan di Kecamatan Lembang. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu berhati-hati dalam memutuskan sikap, Kecamatan Lembang 60% masyarakatnya sebagai peternak sapi perah yang dikoordinir oleh Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), hingga pemasaran susunya mendunia oleh koordinator tersebut. 


Kendati demikian upaya lain pun dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 16, yaitu menebar edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara door to door setiap hari kepada masyarakat. "Upaya ini paling optimal bagi kami, karena cikal bakal keberlangsungan kebersihan sungai tergantung kepada pola hidup masyarakat sehari-hari," tutup Dodi.


(zho)