Buka Seleksi Wawancara Bakal Calon Kepsek, Bupati Ciamis Titipkan 3 Hal
-->

Advertisement Adsense

Buka Seleksi Wawancara Bakal Calon Kepsek, Bupati Ciamis Titipkan 3 Hal

60 MENIT
Kamis, 27 Oktober 2022

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya ketika sambutan membuka seleksi wawancara Bakal Calon Kepsek, Kamis 27/10/2022 (Seprudin)


60MENIT.co.id, Ciamis | Sebanyak 174 orang peserta mengikuti seleksi wawancara bakal calon kepala sekolah jenjang Sekolah Dasar (SD) lingkup Dinas Pendidikan Ciamis pada Kamis (27/10) di Aula BKPSDM Ciamis. 


Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka secara resmi kegiatan tersebut dengan didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Ciamis. 


Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menitipkan tiga hal kepada para peserta yang akan mengikuti seleksi, diantaranya pantang menyerah, membina dengan kasih sayang serta memiliki sikap visioner. 


"Jadi Kepsek harus memliki sikap pantang menyerah, membina anak didik dengan penuh rasa kasih sayang dan yang terpenting harus visioner, sehingga dengan visi tersebut bapak ibu dapat bekerja dengan profesional," Ucapnya. 


Selanjutnya, Bupati menyebutkan saat ini motivasi untuk menjadi Kepala Sekolah di Kabupaten Ciamis sangat kurang, padahal Kepala sekolah mempunyai tugas dan peran yang sangat besar dalam memanage sekolah. 


"Seolah-olah tidak ada motivasi menjadi kepsek, sementara Kepsek mempunyai tugas yang sangat besar, dalam memanage sekolah baik sarana prasarana, memanage siswa, guru dan lingkungan sekolah, " Jelasnya. 


Tercatat saat ini di Kabupaten Ciamis terdapat sebanyak 191 Kekosongan Kepala sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar. 


Foto bersama


Menanggapi hal tersebut, Bupati mengaku Pemerintah Daerah kedepan akan lebih memperhatikan kesejahteraan Kepala Sekolah sebagai motivasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala sekolah. 


"Kesejahteraan Kepsek tentu menjadi perhatian kita semua, kami pemda tentu akan berusaha dan berupaya, meski disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada, " Tandasnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan tujuan kegiatan tersebut  untuk menilai kemampuan kekuatan kesanggupan atau daya kepemimpinan yang dimiliki bakal calon kepala sekolah. 


"Dengan kegiatan seleksi ini diharapkan mendapatkan calon-calon kepala sekolah yang memiliki rekomendasi profesional tentang 5 kompetensi kepala sekolah dan pengembangan keprofesiannya sebagai kepala sekolah," terangnya. 


Kadisdik menerangkan sasaran kegiatan seleksi ini adalah guru-guru potensial yang dimunculkan koordinator wilayah bidang pendidikan Kecamatan berdasarkan rekomendasi kepala sekolah dan pengawas sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Kabupaten Ciamis. 


(P. Seprudin)