Pengerukan Sungai Cinambo, Upaya Normalisasi Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09
-->

Advertisement Adsense

Pengerukan Sungai Cinambo, Upaya Normalisasi Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09

60 MENIT
Sabtu, 08 Oktober 2022

Alat berat sedang mengeruk sedimentasi di Sungai Cinambo di RW. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Sabtu 8/10/2022 (Mg.Ule).


60MENIT.co.id, Bandung | Sektor 22 Citarum Harum melakukan pengawasan pengerukan  sedimen di bantaran Sungai Cinambo di RW. 4 Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Sabtu (8/10/2022).


Sebanyak dua alat berat (excavator) dikerahkan untuk mengeruk endapan tanah dari Sungai Cinambo dan sejumlah dump truck digunakan sebagai pengangkut tanah yang sudah dikeruk dari sungai.


Dansub 9 Peltu Ikhwan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari program Citarum Harum.


"Sungai Cinambo dilakukan pengerukan kembali dengan mengunakan dua alat exapator". Katanya.


Menurut dia, dengan dikeruknya sedimen setidaknya dapat membantu mengurangi dampak ketinggian banjir yang kerap dialami masyarakat saat musim penghujan.


“Air Sungai Cinambo saat ini apabila mengalami surut dan terjadi pendangkalan akibat Sedimentasi. oleh karenanya perlu pengerukan Sedimentasi dan memperdalam kembali Sungai Cinambo agar potensi banjir dapat teratasi". Tuturnya.


Dia menambahkan, pengerjaan pengerukan diperkirakan akan panjang dan di beberapa titik. Bahkan, ada bagian sisi sungai yang telah tertutup sedimentasi hampir separuh badan sungai.


"Mengingat betapa luasnya pendangkalan, karena dangkalnya sungai Cinambo dan kondisinya menyempit. Maka dari itu, alat berat (excavator) mengangkat tanah endapan dan merapikan bantaran sungai". Pungkasnya. 


(M. Warman)