Segala Kesempatan Dijadikan Edukasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3
-->

Advertisement Adsense

Segala Kesempatan Dijadikan Edukasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 3

60 MENIT
Sabtu, 29 Oktober 2022

Serka Hengki, Dansub 3 Satgas Citarum Harum Sektor 22 melakukan komunikasi sosial tentang kepedulian kebersihan sungai dan lingkungan, Cicendo, Sabtu 29/10/2022 (Mg.Oleh)


60MENIT.co.id, Bandung | Usai Shalat Dzuhur Berjamaah, Komandan Sub 3 Sektor 22 Serka Hengki manfaatkan waktunya untuk bisa mensosialisasikan program Citarum Harum kepada warga dan Jemaah Masjid Al -Barokah Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Sabtu (29/10/22).


Sosialisasi yang merupakan sarana untuk mengedukasi warga Serka Hengki berpedoman kepada Peraturan Presiden (Perpres) No. 15 Tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai citarum.


Tentunya selain dari mengedukasi, hal tersebut dilakukan untuk mempererat silaturahmi antara warga masyarakat (jemaah masjid) dan Satgas (unsur TNI-red) sebagai wujud dari Manunggalnya TNI.


Serka Hengki mengatakan, kami laksanakan sosialisasi dimana pun dan kapanpun tidak akan mengenal tempat dan siapa yang kami edukasi, yang jelas setiap warga masyarakat harus dapat memerankan fungsinya masing-masing di lingkungannya.


"Seperti yang kami lakukan tentunya bukan hanya sebatas ngobrol dan ngopi saja, namun kami memiliki misi tertentu yang memang harus kami sampaikan berulang-ulang kepada setiap warga masyarakat, karena hal tersebut guna merubah mindset (paradigma) warga masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan kebersihan lingkungan". Ucapnya.


Seusai Sholat Berjamaah di Masjid.


Dikatakannya kembali, walau sebenarnya warga masyarakat sudah faham, sudah mengerti tentang hal itu, namun tingkat kesadarannya tentu masih rendah, karena yang warga masyarakat ketahui untuk urusan hal kami lakukan tentu mengandalkan petugas yang ada.


"Kami memberikan pemahaman yang detai kepada warga masyarakat terkait betapa pentingnya ikut andil dan berperan aktif turun langsung ke lapangan, tidak cukup sebatas partisipasi saja, dalam menuntaskan permasalahan kebersihan, tentunya harus semua unsur terlibat termasuk masyarakat itu sendiri". Jelasnya.


Pihaknya berharap, semoga dengan rutinnya kami dan secara face to face baik dengan segelintir warga yang kami berikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, mereka bisa menjadi penyambung lidah dan bisa menyampaikan kembali kepada orang-orang yang ada di sekitar lingkungannya terkait apa yang kami sampaikan.


"Tentunya kami juga selalu menghimbau kepada warga masyarakat (jemaah) agar tidak membuang sampah sembarang terutama ke daerah aliran sungai dan harus dapat menciptakan kehidupan yang sehat dan bersih". Tutup Serka Hengki. 


(Sholeh)