TPS3R Antapani, Kolonel Wellyanto; Salahsatu Wujud Kolaborasi Sektor 22 yang Menunjang Program Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

TPS3R Antapani, Kolonel Wellyanto; Salahsatu Wujud Kolaborasi Sektor 22 yang Menunjang Program Citarum Harum

60 MENIT
Kamis, 27 Oktober 2022

Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Sri Wellyanto Kasih bersama DISPERKIM Prov. Jabar dan aparat dinas Pemkot Bandung monitoring pembangunan TPS 3R di wilayah Kelurahan Antapani Tengah Kecamatan Antapani, Kamis 27/10/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Sri Wellyanto Kasih bersama Disperkim Provinsi Jabar, DLH Kota Bandung dan unsur wilayah Kota Bandung, melaksanakan monitoring pembangunan TPS 3R di wilayah Kelurahan Antapani Tengah Kecamatan Antapani, Kamis 27 Oktober 2022. 


TPS3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang), adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. 

TPS3R menghasilkan pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual.

Program pembangunan TPS di Antapani ini salahsatu program Citarum Harum yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang persampahan.


Bersama Aparatur Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung. 


Dansektor menjelaskan, Apresiasi dari kita selaku dansektor 22 Citarum Harum terkait pembangunan ini. Yang kami lihat dalam penyelesaian permasalahan sampah tidak menuntaskan suatu permasalahan.


"Namun dengan memindahkan masalah dari Tempat Penampungan Sementara (TPS) ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Sarimukti masih terkendala karena sudah penuh, terlebih pada nantinya TPA akan dipindahkan ke Legok Nangka Cicalengka," jelas Wellyanto, kepada wartawan ditempat kegiatan.


Suatu inovasi yang baik karena di dalam TPS nantinya akan ada incinerator dan magot. 


Masih Dikatakan Dansektor 22 Citarum Harum, penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah TPS3R merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. 


Kondisi baru TPS3R Antapani.


"Program TPS 3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas atau memerbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di TPA sampah, dan berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan," jelas Dansektor. 


Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini menekankan pada pelibatan masyarakat dan pemerintah daerah, pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah serta pembinaan dan pendampingan Pemerintah Daerah untuk keberlanjutan TPS 3R.


TPS3R ini salahsatu wujud sinergitas kuat antara Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama Pemerintah Kota Bandung yang selama ini bersama-sama menata kebersihan sungai dan lingkungan, sehingga terwujud segala kebutuhan yang menunjang Program Citarum Harum.


(zho)