Usia Panen Singkat dan Subur, Dansektor 22 Kolonel Wellyanto Buktikan Bios 44 di Sayuran Sawi
-->

Advertisement Adsense

Usia Panen Singkat dan Subur, Dansektor 22 Kolonel Wellyanto Buktikan Bios 44 di Sayuran Sawi

60 MENIT
Rabu, 19 Oktober 2022

Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Fx. Sri Wellyanto Kasih mengenalkan panen Sawi (Pakcoy) hasil tanam mandiri Satgas Sektor 22, Lembang, Rabu 19/10/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang | Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Fx. Sri Wellyanto Kasih memanen sayuran Sawi (pakcoy) hasil tanam mandiri Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 16 di wilayah Kp. Pasir Wangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Rabu 19 Oktober 2022. 


Di tempat panen, Dansektor 22 Citarum Harum turut memetik sayuran Sawi yang subur di usia panen hanya 21 hari hasil pemupukan menggunakan Bios 44 dengan kandungan pupuk alam tidak mengandung zat kimia. 


Dansektor 22 Citarum Harum ketika memanen Sayuran Sawi (Pakcoy) hasil tanam mandiri Satgas.


Dansektor 22 Citarum Harum menyimpulkan, Bios 44 ini sangat sempurna untuk menyuburkan tanah dengan waktu yang singkat ke usia panen.


"Ini hanya 21 hari ke usia panen, seperti yang kita lihat sawi ini tumbuh subur dibanding menggunakan pupuk kimia lainnya," singkat Welly, panggilan akrab Dansektor 22 Citarum Harum kepada awak media di lokasi panen. 


Kolonel Wellyanto Kasih berharap, Bios 44 ini bisa dikembangkan di tengah masyarakat petani supaya meningkatkan hasil panen dengan harga yang sangat murah, karena Bios 44 ini dengan mudah bisa diproduksi sendiri. 


DanSub 16 Sektor 22, Serma Dodi Candra memerlihatkan kesuburan Sawi Panen hasil kesuburan Bios 44.


Dari beberapa uji kesuburan tanah, Bios 44 bisa menanggulangi lahan kritis sehingga bisa ditanam semua jenis tanaman bahkan bisa meningkat daya sehat dan kesuburan bagi ikan dan hewan ternak lainya. 


"Bios 44 ini bisa digunakan semua jenis pertanian, kehutanan juga bisa untuk meningkatkan mutu data sehat peternakan hingga ke pengembang perikanan, pasti hasil panennya bagus, biaya ekonomis dan yang jelas tanpa kandungan zat kimia yang merugikan kesehatan kita jika dikonsumsi," ujar Dansektor 22. 


Sawi hasil tanam mandiri Satgas Citarum Harum Sektor 22, sebelum di panen.


Kajian lapangan membuktikan hasil panen sayuran Sawi dari hasil tanam mandiri. Menurut Wellyanto kali ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 mencoba Bios 44 ini digunakan buat sayuran. 


Pengembangan Bios 44 oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 terus bergulir, dengan harapan masyarakat bisa mulai menggunakannya, "Jika diukur komersil, Bios 44 bisa menguntungkan para petani apapun, soalnya ini sudah terbukti dengan hasil panen yang bagus, semoga Bios 44 bisa diterima oleh masyarakat petani," kata Welly.


Panen Sawi ini disaksikan oleh staf KPSBU Lembang, Akademisi Dosen Peternakan Unpad dan beberapa anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22, mereka sangat mengapresiasi pada hasil uji coba Bios 44 untuk dikembangkan di tengah masyarakat petani. 


(zho)