Wujud Percepatan Progres Citarum Harum, Satgas Sektor 22 Sub 11 Kawal Pembangunan Ipal Komunal
-->

Advertisement Adsense

Wujud Percepatan Progres Citarum Harum, Satgas Sektor 22 Sub 11 Kawal Pembangunan Ipal Komunal

60 MENIT
Minggu, 09 Oktober 2022

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 pengawasan Ipal Komunal di Rw. 07 Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, Minggu 9/10/2022 (zhovena). 


60MENIT.co.id, Kota Bandung | Penertiban dari segala perilaku masyarakat untuk menciptakan kondisi sungai yang utuh, bersih dan sehat oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 mencegah berbagai aksi yang mengundang pelaku pencemaran limbah sungai.


Wilayah SubSektor 11 Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang di komando Serma Abdulloh Fawzi (DanSub 11) mengatakan kepada awak media, dirinya bertanggung jawab dalam penerapan edukasi melalui aksi pembersihan sungai, patroli sungai dan sosialisasi kepada berbagai elemen masyarakat, supaya meningkatkan minat dalam mewujudkan kondisi air sungai yang bersih dan sehat.


"Kita khususnya di wilayah Sub 11, selalu membagi tugas dengan anggota dalam giat perawatan sungai. Kendati demikian kita melakukan pula penertiban kepada masyarakat baik pelarangan membuang sampahnya ke sungai maupun membuang berak (tinja) langsung ke sungai," jelas Abdulloh Fawzi, Minggu 9 Oktober 2022.


Beberapa waktu ke belakang, Satgas menemukan beberapa keluarga yang tinggal di tepian bantaran sungai masih membuang berak (limbah domestik) ke sungai.


Pembangunan Ipal Komunal harus sesuai teknik konstruksi yang benar.


Fakta di lapangan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 mempelajari bahwa mereka mendiami rumah di bawah standar sosial. Dengan bijak Satgas memberikan solusi untuk dibuatkan Ipal Komunal sebagi penampungan filterisasi tinja yang mengakomodir beberapa keluarga.


"Pasca patroli sungai kita langsung mengawasi pembuatan Ipal Komunal di wilayah Rw. 07 Kelurahan Cigending Ujungberung, ini perlu diawasi karena pengerjaan harus sesuai rencana soalnya isian objek Ipal Komunal beda dengan Ipal Tunggal," imbuh Abdulloh. 


Hal ini terus dipantau oleh satgas Citarum Harum Sektor 22, bertujuan supaya tinja yang tertampung di Ipal Komunal nantinya bisa tersaring dengan bersih, sehingga yang terbuang ke sungai sesuai dengan bakumutu yang benar. 


"Secara perlahan kita sangat berharap progres tujuan Citarum Harum akan cepat terealisasi," tutup Abdulloh. 


(zho)