Beberapa Fungsi Patroli Sungai Bagi Satgas Sektor 22 Sub 08
-->

Advertisement Adsense

Beberapa Fungsi Patroli Sungai Bagi Satgas Sektor 22 Sub 08

60 MENIT
Minggu, 27 November 2022

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 melakukan patroli sungai 


60MENIT.co.id, Bandung | Progres program Citarum Harum di Satgas Sektor 22 memerlukan sudah berjalan sesuai target yang ditentukan. Untuk meninjau perkembangan sungai terkini anggota satgas melakukan Patroli Sungai. 


Anggota Sub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22, yang dipimpin Serka Lukman hari ini melakukan Patroli Sungai di wilayah kerjanya. Giat ini merupakan tolak ukur untuk melakukan aksi besok harinya selain pantauan pada fisik sungai maupun pantauan prilaku masyarakat terhadap sungai.


"Patroli sungai merupakan kontroling atau bahasa lain yang kita sebut sebagai monitor keadaan sungai, dengan aksi ini kita akan bisa menentukan sikap pada aksi besok harinya," ujar Lukman kepada awak media di sela giatnya, Minggu 27 November 2022. 


Pada patroli sungai yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22, masing-masing subsektor melakukannya. Pada giat ini bisa dibarengi dengan melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat yang mereka temui di wilayah. 


Sehingga patroli sungai ini sudah menjadi giat baku di Satgas Citarum Harum Sektor 22, tentunya berbagai hal yang terjadi terhadap sungai bisa di temui saat melakukan patroli sungai. 


"Di tengah melakukan patroli sungai, pastinya kita bertemu dengan masyarakat yang sangat kental berhubungan dengan fungsi sungai, disitu kita lakukan edukasi kepada mereka. Muatan yang kita sampaikan adalah tujuan adanya program Citarum Harum yang selam ini kita jalankan setiap hari," jelas Lukman. 


Anggota Sub 08 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat.


Progres bernuansa 9 faktor yang terjadi di wilayah Satgas Citarum Harum Sektor 22 ini tersampaikan kepad semu pihak. Jelasnya lagi solusi dan pemecahan permasalahan ini akan terlampaui jika masyarakat dan elemen lainya mengetahui. 


Harapannya jika semua pihak faham terhadap progres yang diterjemahkan lewat Rencana Aksi dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 maka mereka pun akan turut serta membantunya minimal mengendalikan perilaku jelek terhadap sungai. 


"Komunikasi sosial kepada masyarakat dan elemen lain kita berharap supaya mereka faham terhadap aturan dan renaksi yang kita lakukan, sehingga akan bersama-sama membenahi prilaku mereka dan.mengerti tentang cara tepat dalam memerlakukan sikap terhadap sungai," kata Lukman. 


Serka Lukman menambahkan, patroli sungai bisa menjadi penegasan terhadap masyarakat, jika mereka diketahui membuang sampah ke sungai maka spontan Satgas Citarum Harum Sektor 22 akan melakukan penangkapan. 


"Jika ada warga yang didapati membuang sampah ke sungai maka akan kita tindak operasi tangkap tangan dan di beri sanksi, dan jelas sanksinya berhubungan dengan sikap jera berprilaku seronoh terhadap sungai," kata Lukman. 


(zho)