Di Arena Mubeslub, Dua Penasehat PMTI Resmi Mundur
-->

Advertisement Adsense

Di Arena Mubeslub, Dua Penasehat PMTI Resmi Mundur

60 MENIT
Sabtu, 12 November 2022

Irjen Pol (P) Drs. Mathius Salempang.


60MENIT.co.id, Jakarta | Musyawarah Luar Biasa (Mubeslub) Perhimpunan  Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), akhirnya digelar dan dibuka di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/11). Acara ini diikuti sejumlah Pengurus Pusat PMTI dan utusan berbagai daerah di bawah naungan PMTI. 


Namun, dari pantauan awak media, utusan Papua tidak tampak hadir, begitu pun sejumlah daerah lain. Ironisnya, di ajang Mubeslub ini dua orang penasehat PMTI, yakni Irjen Pol (P) Drs Mathius Salempang (MS) dan Puang Annar Salahuddin Sampetoding resmi mundur. 


Pengunduran diri Mathius Salempang ini sebenarnya sudah sejak 31 Oktober 2022. Namun surat mundurnya baru dibacakan di tengah Mubeslub. Begitu pula Annar Sampetoding. Ketua Umum DEIT (Dewan Ekonomi Indonesia Timur) ini sempat hadir di ajang Mubeslub. 


Annar Salahuddin Sampetoding.


Konon, kehadirannya untuk mengkonfirmasi dan mengklarifikasi omongan Ketua Umum PP PMTI Mayjen TNI (P) atas Annar saat dirinya hadir pada acara Deklarasi IKaT Nusantara (IKaTNus) beberapa waktu lalu. Namun dalam konfirmasi itu, sempat terjadi ketegangan antara Selvanus-Annar. 


Dengan mundurnya Mathius Salempang dan Annar Sampetoding, berarti sudah empat Penasehat PP PMTI mundur. Sebelumnya, dua nama menarik diri, yakni Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang dan David Allorerung. Keduanya kini terlibat di IKaTNus selaku pengurus. Frederik Kalalembang menjabat sebagai Ketua Umum IKaTNus. 


(anto)