Kembalikan Mata Air di KBU, Satgas Sektor 22 Sub 17 Kembangkan Drumpori di Cimenyan
-->

Advertisement Adsense

Kembalikan Mata Air di KBU, Satgas Sektor 22 Sub 17 Kembangkan Drumpori di Cimenyan

60 MENIT
Jumat, 18 November 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 17 sedang menanam Drumpori di Cartil Rw. 12 Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kab. Bandung, Jumat 18/11/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Cimenyan | Upaya pencegahan kritis lahan mengembang, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui Sub 17 melakukan penanaman Drumpori di lahan kritis Kawasan Bandung Utara (KBU) wilayah Cimenyan Blok Cartil. 


Drumpori adalah cara alam menjaga daya serap tanah. Konsep Drumpori ini kemudian diadaptasi untuk meningkatkan daya serap air hujan pada tanah untuk membantu mengatasi banjir.


Sertu Tasban Doloan (Dansub 17/22) berinisiatif melakukan penanaman Drumpori ini merupakan salahsatu Rencana Aksi Satgas Sektor 22 dalam mengentaskan lahan kritis yang berdampak negatif se Bandung Raya. 


"Kita tanam Drumpori ini berharap untuk menyimpan air hujan di dalam tanah, tujuan lain yaitu untuk menyelamatkan tanaman keras yang kita tanam supaya bisa tumbuh lancar," kata Tasban, Cimenyan Jumat 18 November 2022


Drumpori sangat berfungsi juga untuk menimbun limbah organik. Pengisian lubang drumpori dengan sampah organik bertujuan untuk memberi makan makhluk hidup yang ada di tanah. Misalnya cacing, hewan kecil di dalam tanah, bahkan juga akar tumbuhan.


Drumpori ditanam di beberapa titik.


Dengan proses di atas maka daya serap air akan lebih berfungsi sehingga di dalam tanah akan membentuk bank air yang bisa menyimpan air hujan sebanyak-banyaknya.


Pola seperti ini tentu akan bisa menyelamatkan lahan kritis, yaitu tidak jadi kemarau berkepanjangan dan tidak akan banjir jika musim hujan. Artinya kondisi aerasi tanah akan stabil. 


"Kita pengennya di setiap titik penanaman pohon keras disitu kita tanam pula drumpori, sehingga tumbuh kembang pohon akan lebih terjamin," imbuh Tasban. 


Lebih utama dari penanaman Drumpori ini bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 adalah mengembalikan kualitas lahan, dari lahan kritis menjadi lahan efektif yang subur, sehingga dengan penanaman Drumpori bisa memancing mata air yang dulu banyak kini hilang semoga bisa muncul kembali.


(zho)