Pembuatan Fermentasi BIOS 44 oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16
-->

Advertisement Adsense

Pembuatan Fermentasi BIOS 44 oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16

60 MENIT
Kamis, 17 November 2022

Serma Dodi Candra (kanan) Dansub 16 Satgas Citarum Harum Sektor 22 sedang membuat Fermentasi BIOS 44, Lembang, Kamis 17/11/2022 (zhovena)

60MENIT.co.id, KBB | Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 16 dipimpin Serma Dodi Candra, melakukan pembuatan fermentasi Bios 44 dengan tujuan sebagai penyubur tanah yang akan digunakan daya pertanian di wilayah kerjanya. 


Bios 44 merupakan substansi organik multiguna yang digunakan sebagai pengurai dalam mengembalikan kesuburan lahan tanah dan perairan, yang dikembangkan oleh Pangdam III-Siliwangi. 

Satgas Citarum Harum Sektor 22, memproduksi bios 44 untuk merubah lahan kritis menjadi lahan layak tanam, baik tanaman keras maupun tanaman hortikultura yang selama ini dikembangkan sebagai ketahanan pangan. 

Serma Dodi Candra dan anggota sedang meracik campuran bios 44.

"Kita mengembangkan BIOS 44 ini sebagai pupuk penyubur tanaman, dan ini sudah diproduksi beberapa tahun ke belakang," kata Dodi.

Bios 44 hasil inovasi Kodam III-Siliwangi sudah menjadi pupuk buatan andalan, karena derajat kesuburan berasal dari lahan kritis kini sudah berubah menjadi lahan subur. 

Secara akademik bahwa bios 44 merupakan gabungan mikro organisme yang pada mulanya digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, kini telah berkembang untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian maupun perikanan.


Beberapa campuran bahan baku BIOS 44 disatukan ke dalam drum.

 "Kalau kita membuat fermentasi bios 44 ini sebagai pupuk penyubur tanaman, tingkat kesuburan oleh pupuk buatan ini sudah terukur kedepannya bahwa bios 44 sudah bisa diandalkan," ujar Dodi. 


Serma Dodi Candra berharap, adanya bios 44 supaya berkembang pula di setiap masyarakat petani dan bidang perikanan, karena bios 44 sudah membuktikan sebuah pupuk buatan yang bisa diandalkan, selain biaya murah juga bisa jadi penyubur utama bagi semua petani. 


(zho)