Pengecekan Ipal Satgas Sektor 22 Sub 06, Perlu Aris : Semua Industri Seharusnya Mengacu ke Pt GAP
-->

Advertisement Adsense

Pengecekan Ipal Satgas Sektor 22 Sub 06, Perlu Aris : Semua Industri Seharusnya Mengacu ke Pt GAP

60 MENIT
Kamis, 10 November 2022

Indra, Penanggulangan Jawab Ipal Pt. Gajah Angkasa Perkasa, Kamis 10/11/2022 (oleh; zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Mendasar pada Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Satgas Sektor 22 Sub 06 menjalankan Standard Operasional Prosedur (SOP) nya, melakukan pengecekan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Pt. Gajah Angkasa Perkasa (GAP). 


PT. GAP merupakan Perusahaan yang bergerak bidang Produsen Sarung Cap Gajah ini, bertempat di Jl. Jenderal Sudirman No. 823 Kelurahan Cijerah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung, dengan kondisi Ph limbah ada diposisi 7 (netral), airnya bening dan tidak berbau, Kamis 10 November 2022.


Peltu Aris Santoso (Dansub 06 Satgas Citarum Harum Sektor 22)


DanSub 06 Satgas Citarum Harum Sektor 22 (Peltu Aris Santoso) memaparkan, pengecekan ini adalah aksi baku yang terjadwal dari agenda rutin selaku Satgas Citarum Harum Sektor 22, sebagai upaya untuk percepatan progres dalam mengembalikan fungsi sungai yang bersih dan sehat sesuai tujuan Perpres 15 Tahun 2018. 


"Pengecekan Ipal pelaku industri ini berlaku untuk semua pengusaha industri, setelah dilakukan Cek Lapangan Ipal Pt. GAP menghasilkan limbah yang layak buang, kindisinya sesuai baku mutu yang benar, tidak berbau dan air limbah akhir ini berwarna bening," jelas Aris kepada wartawan di lokasi pengecekan Ipal Pt. GAP. 


Peltu Aris Santoso bersama Indra ketika menyelia Slud PT. GAP.


Peltu Aris Santoso selaku Satgas Citarum Harum berharap, Pelaku Industri yang lain harus mencontoh kepada Pt. GAP, soalnya konsistensi perawatan Ipalnya terus ditingkatkan untuk tidak mencemari lingkungan. 


Kendati demikian, Peltu Aris Santoso dibalik memberi pesan positifnya kepada Pt. GAP memberikan saran supaya kondisi Ipal tersebut terus dipertahankan. 


"Selain memajukan perusahaannya, Pt. GAP ini bisa menjaga Konsistensi Ipal yang sesuai baku mutu, seperti yang kita lihat disini parameternya pun berjalan bagus, artinya volume limbah yang dihasilkan bisa di cek langsung berikut kondisi derajat keasamanya," imbuh Aris, sambil menunjukkan kertas lakmus dan akuarium yang berisikan ikan yang diisi air limbah akhir.


Kondisi pH Pt. GAP adalah 7.


Indra, selaku penanggung jawab produksi termasuk Ipal Pt. GAP menuturkan, perawatan Ipal di perusahaannya terus dijaga bahkan ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga baku mutu yang benar dan memertahankan izin buang limbah ke bahu sungai yang sudah dimilikinya sejak awal. 


"Untuk pemeliharaan Ipal, kita terus pertahankan untuk lebih maju lagi, kita ikuti pengembangan dan pembaharuan seperti peralatan-peralatanpun kita tambah, kita akan memicu ke pola recycle," singkat Indra. 


Management Pt GAP bersama Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06


Sebagi bentuk pendukungan terhadap Program Citarum Harum, Pt. GAP sudah mengantongi izin Ipal yang lengkap, meskipun demikian Indra terus menambah fasilitas Ipal, dengan membangun Filter untuk mengacu pada Recycle sehingga limbah yang dibuang akan lebih layak lagi.


"Pembangunan unit filter ipal ini untuk memacu recycle, ini sebagi upaya menjaga pencemaran lingkungan tidak terjadi," singkat Indra. 


Indra mensuport Satgas Citarum Harum Sektor 22 supaya lebih semangat lagi menjaga lingkungan yang kondusif sebagi warisan untuk generasi ke depan.


(zho)