Arus Air Sungai Cikapundung Meninggi, Peltu Ade DanSub 12 Satgas Sektor 22 Sigap di Pembersihannya
-->

Advertisement Adsense

Arus Air Sungai Cikapundung Meninggi, Peltu Ade DanSub 12 Satgas Sektor 22 Sigap di Pembersihannya

60 MENIT
Jumat, 09 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 12, mitigasi banjir Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Braga, Jumat 9/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Keadaan sama seperti di beberapa sungai lainnya, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 12 yang dipimpin Peltu Ade Sukmana, sigap melakukan pembersihan sampah domestik di Sungai Cikapundung wilayah Rw. 08 Kelurahan Braga Kota Bandung.


Sungai Cikapundung saat ini debit air naik hingga arus membesar akibat dari hujan intensitas tinggi selama beberapa hari di Kota Bandung. 


Peltu Ade Sukmana mengatakan, kebersihan sungai harus selalu terjaga. Hal ini sebagai antisipasi kejadian di beberapa tahun kebelakang ketika terjadi bencana banjir Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Lengkong hingga dinding sungai ambruk akibat terjangan arus air yang kencang. 


"Kebersihan sungai jelas sangat berpengaruh akan terjadinya bencana sungai, baik itu banjir maupun jebolnya dinding akibat derasnya arus air, maka sebagai antisipasinya kita selalu waspada dengan penjaminan kebersihan sungai dari sampah domestik maupun rumput liar yang menggerogoti dinding kirmir," jelas Peltu Ade Sukmana kepada wartawan di posko Sub 12, Jumat 9 Desember 2022. 


Sampah digerek ke darat melalui tali tambang


Pada pembersihan wilayah aliran sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 berhasil mengangkat sampah domestik yang tidak sedikit, bahkan mereka berupaya membersihkan sungai sepanjang 200 M. 


Peltu Ade Sukmana mengingatkan kepada warga sekeliling Sungai Cikapundung supaya berhati-hati di musim hujan yang saat ini sering terjadi intensitas tinggi.


"Kita ingatkan warga supaya berhati-hati jika hujannya besar, selain menghindari bahaya banjir juga kita melarang keras membuang sampahnya ke sungai, soalnya bahaya itu kapan saja bisa terjadi di luar perkiraan kita," masih jelas Ade. 


Tampak atas derasnya arus air Sungai Cikapundung di pusat Kota Bandung.


Hal di atas disampaikan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 12 melalui Komunikasi Sosial kepada masyarakat yang dilakukan pasca aksi pembersihan sungai. 


Peltu Ade Sukmana mengarahkan kepada anggota lainya supaya menyebar melakukan Patroli Sungai, ini dilakukan sebagai monitoring perkembangan kondisi sungai. 


"Semua aksi yang terjadwal di Renaksi Satgas Citarum Harum Sektor 22 itu sangat penting, ini sudah menjadi patokan aksi kita di lapangan di semua kondisi, kita siap menjalani semua apalagi musim hujan seperti sekarang ini," tutur Ade Sukmana. 


(zho)