Batiops Satgas Sektor 22, Peltu Aris : PT GAP Konsisten Jaga Ipal Laik Syarat
-->

Advertisement Adsense

Batiops Satgas Sektor 22, Peltu Aris : PT GAP Konsisten Jaga Ipal Laik Syarat

60 MENIT
Selasa, 06 Desember 2022

BatiOps Sektor 22 Citarum Harum (Peltu Aris Santoso) bersama BaOp (Serma Misbakhudin) dan anggota berada di Outfool Ipal di Pt. GAP, Selasa 6/12/2022)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengawasan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui BatiOps Peltu Aris Santoso bersama anggota, hari ini melakukan pengawasan di PT. Gajah Angkasa Perkasa (GAP) berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 823 Bandung. 


Konsistensi Ipal PT. GAP selama dalam pengawasan Satgas Citarum Harum Sektor 22 sudah memenuhi standar bakumutu yang sesuai aturan pemerintah, namun aktivitas pengawasan oleh satgas Citarum Harum Sektor 22 rutin dilakukan di setiap pelaku industri.


"Pengawasan Ipal di setiap pelaku industri rutin kita lakukan setiap bulan, ini bertujuan supaya konsistensi pelaku industri dalam mengelola limbahnya terpantau benar, bahwa limbah yang keluar dari pabrik harus sesuai dengan bakumutu," jelas Aris Santoso kepada wartawan di tempat pengawasan, Selasa 6 Desember 2022. 


Menurut Peltu Aris Santoso, selama dalam perjalanan pengawasnya bahwa sudah banyak industri yang memiliki Ipal yang memenuhi syarat, sehingga limbah yang dikeluarkan tidak bermasalah di lingkungan dan layak masuk ke aliran sungai. Hal ini setelah pembinaan dari Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


Pemeriksaan Ipal Limbah Padat (Sludge) PT. GAP.


"Biasanya pasca disidak pelaku industri sudah menjalani syarat yang kita tentukan, namun ketika belum disidak para pelaku industri banyak limbah yang dibuang tidak memenuhi syarat bakumutu yang benar, inilah yang menjadi inspirasi kita setiap bulan melakukan pengawasan dari industri yang satu ke industri lainya," masih kata Aris. 


PT GAP ini sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri tenun yaitu Sarung Cap Gajah, selama ini sudah memiliki Ipal yang laik syarat dengan hasil limbah akhir yang keluar memiliki posis pH = 7 (derajat keasaman yang normal). 


Adalah Yohanes Indra, seorang kuasa PT. GAP mengatakan bahwa Ipal yang ia miliki selalu di rawat oleh ahlinya, sehingga kondisi Ipal dalam keadaan baik maka menghasilkan limbah yang sesuai bakumutu. 


Tim pengawasan Ipal Satgas Citarum Harum Sektor 22 bersama kuasa PT GAP.


"Kita rutin per satu minggu sekali melakukan perawatan mesin Ipal, ini ada bagian khusus dari karyawan kita yaitu bagian mekanikal Ipal itu sendiri, maka kondisi Ipal selalu terjaga dengan baik dan bisa dilihat hasil limbahnya aman," ujar Indra. 


Konsistensi Ipal dalam kondisi yang normal ini sudah dikantongi PT GAP sejak beberapa tahun ke belakang, ketika awal disidak oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 tidak pernah ada masalah sampai saat ini. 


"Kita pasti akan mendukung program pemerintah dan program Citarum Harum, ini bertujuan agar kondisi air sungai dan lingkungan tidak tercemar. Kita sayang akan lingkungan demi generasi mendatang," tutup Indra.


(zho)