Edukasi Moral Masyarakat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 Viralkan Pemasangan Baliho
-->

Advertisement Adsense

Edukasi Moral Masyarakat, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 Viralkan Pemasangan Baliho

60 MENIT
Rabu, 21 Desember 2022

Serka Masroh S, Dansub 10 Satgas Sektor 22 pasca memasang Baliho di wilayahnya, Rabu 21/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Upaya percepatan progres pada Program Citarum Harum yang sudah beberapa tahun berjalan, Satgas Sektor 22 mengapresiasi gerakan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, memasang baliho di setiap pojok ruang terbuka ramai pengunjung. 


Melalui SubSektor 10 yang dipimpin Serka Masroh S, selaku Satgas Citarum Harum di Sektor 22, semua anggota bergerak serentak dalam pemasangan baliho yang bertuliskan "Pilah Sampah Mulai dari Rumah". 


Menurut Serka Masroh S, maraknya pemasangan baliho tersebut sebagai salahsatu upaya edukasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, agar masyarakat sudah memulai bergerak mengelola sampah rumah tangga jangan sampai tercecer dibuang ke sungai dan lingkungan. 


Anggota satgas Sektor 22 Sub 10 sedang melakukan patroli sungai.


"Hal ini wujud nyata bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi kinerja kita dengan baliho-baliho ini dibuat, begitupun kita sangat mengapresiasi gerakan ini," ujar Masroh kepada awak media, Rabu 21 Desember 2022. 


Sampah rumah tangga masih merupakan sebuah soal bagi pemerintah, karena fakta ini terlihat dari keadaan sungai dan lingkungan masih terlihat ada sampah yang tercecer dengan bebas. 


Khalayak ramai pun memerhatikan hal yang sama, jika di sungai masih ada sampah. Entah kejadiannya seperti apa, kalaupun sampah di darat terus terbawa arus hujan, namun yang jelas sampah-sampah tersebut masih belum dikelola dengan benar. 


Komunikasi sosial berupa Sosialisasi kepada masyarakat dengan cara door to door.


"Kita sangat setuju dengan gerakan Pemprov Jabar menyebar baliho untuk dipasang di setiap ruang publik dan sebagainya, karena ini merupakan kampanye tentang pelarangan membuang sampah sembarang, artinya masyarakat harus faham betul tentang maksud baliho ini," jelas Masroh. 


Tujuan yang sama dan jelas sering dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 di semua wilayah, yaitu melakukan patroli sungai sekalian sosialisasi kepada masyarakat door to door tentang edukasi moral Marwah Program Citarum Harum. 


"Sosialisasi ini kita lakukan rutin setiap hari dengan cara bertatap muka dengan masyarakat, kita sampaikan mulai dari pelarangan membuang sampah ke sungai hingga cara pengelolaan sampah yang benar begitupun Pola Hidup Bersih dan sehat kita sampaikan, dengan harapan semua lapisan masyarakat mulai tidak mengotori sungai juga lingkungan dengan sampahnya," kata Masroh. 


(zho)