Jadi Sorotan Dunia Pendidikan, Subsektor 15 Sektor 22 Jadi Percontohan Hortikultura dan Sering Dikunjungi
-->

Advertisement Adsense

Jadi Sorotan Dunia Pendidikan, Subsektor 15 Sektor 22 Jadi Percontohan Hortikultura dan Sering Dikunjungi

60 MENIT
Selasa, 20 Desember 2022

Lembaga Pendidikan TK Al-Ikhlas membawa anak didiknya untuk mengenal dunia pertanian di Mako Satgas Sektor 22 Sub 15 Cileunyi, Selasa 20/12/2022 (oleh: zhovena)


60MENIT.co.id, Kab.Bandung | Mako Satgas Sektor 22 Sub 15 di Cimekar Cileunyi Kabupaten Bandung, kembali jadi sorotan dunia pendidikan. Hari ini kembali dikunjungi peserta didik TK Al-Ikhlas Cileunyi, Selasa 20/12/2022. 


SubSektor 15 ini salahsatu anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22, yang diberi tugas secara internal sebagai Satgas Citarum Harum bidang pengembangan pangan. Ini dibentuk untuk mengentas kesulitan ekonomi masyarakat, sehingga Satgas Sub 15 membimbing warga untuk menorehkan pemanfaatan lahan supaya dikembangkan menjadi penanaman sebagi kebutuhan sehari-hari warga. 


Seperti yang dikatakan Dansub 15/22 Serma Cece Supriyadi, bahwa penanaman tanaman hortikultura ini sebagai pemanfaatan lahan dari sisa-sisa penanaman tanaman keras sebagai benih untuk penghijauan lahan kritis, sehingga lahan sisa ini bisa bermanfaat sebagai pengembang ketahanan pangan yang berfungsi untuk dibagikan ke masyarakat sekitar.


"Kita merasa ketahanan pangan ini sangat dibutuhkan oleh sebagian masyarakat di sekitar Mako 15/22, sekarang menjadi sorotan lembaga pendidikan untuk bidang ajaran cinta lingkungan, Alhamdulillah semua ini bisa bermanfaat," ucap Cece Supriyadi. 


Mako Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 15 ini sudah sering dikunjungi lembaga pendidikan anak-anak, menurut salahsatu pengajar bahwa bidang ketahanan pangan di Mako 15/22 bisa sebagai percontohan dalam pengembangan pendidikan anak.


"Ini sangat bermanfaat bagi anak-anaknya bahkan orang dewasa, terutama bidang motivasi karakter anak supaya mencintai lingkungan yang hijau, bersih dan manfaat karya tanam yang sangat berguna bagi kehidupan saat ini maupun kehidupan mendatang," ujar Guru TK Al-Ikhlas yang tidak mau disebut namanya. 


Sambil bermain, anak-anak ini mengenal dunia tanaman pertanian dan cara bercocok tanam.


Fungsi adanya Satgas Citarum Harum Sektor 22 adalah memberdayakan kaum pentahelix sebagai penggerak dalam urusan pencegahan pencemaran sungai yang memuncak kepada pemanfaatan lahan kritis sebagai upaya pengembangan unsur hara dan kesuburan lainya. Sehingga menjadi efek sempurna dalam memanfaatkan lahan sisa tanaman keras yang selam ini dikembangkan di Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


"Kita juga tidak merasa bahwa inovasi pengembangan ketahanan pangan akan menjadi daya tarik lembaga pendidikan, semoga saja ini bisa memotivasi generasi bangsa dalam mencintai lingkungan yang hijau, bersih dan tertata, sehingga tujuan Program Citarum Harum bisa cepat terealisasi di semua wilayah," kata Cece.


Di acara kunjungan lembaga pendidikan TK Al-Ikhlas di Mako Posko Subsektor 15/22, Serma Cece Supriyadi menerangkan pola bercocok tanam dari lahan yang seadanya bisa menjadi sumber kebutuhan sehari-hari masyarakat, dengan bukti hasil tanam ini diharap generasi bangsa bisa memanfaatkan lahan untuk pengembangan pertanian, begitu pula bagi para pengunjung lainya.


(zho)