Komunikasi Sosial, Pasca Perawatan Sungai Citepus oleh Satgas Sektor 22 Sub 01 Sebagai Inti Suksesnya Program Citarum Harum
-->

Advertisement Adsense

Komunikasi Sosial, Pasca Perawatan Sungai Citepus oleh Satgas Sektor 22 Sub 01 Sebagai Inti Suksesnya Program Citarum Harum

60 MENIT
Minggu, 04 Desember 2022

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 sedang melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat tentang pentingnya sungai bersih dan sehat, Minggu 4/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Tercapainya tujuan Program Citarum Harum tentang kembalinya fungsi sungai yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui Sub 01 menyimpulkan sangat terpengaruh oleh pendewasaan paradigma semua elemen masyarakat untuk mencintai sungai. 


Kesadaran yang dibangun di tengah masyarakat oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 terutama di wilayah SubSektor 01 yang dipimpin oleh Pelda Ujang Supriatna, ia membuat komitmen bersama anggotanya untuk terus bergerak melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat dengan materi edukasi kecintaan terhadap tujuan program Citarum Harum.


Hal ini dilakukan kepada seluruh jajaran masyarakat maupun elemen masyarakat yang ia datangi dengan cara door to door berkomunikasi tatap muka langsung, baik dengan masyarakat penduduk maupun masyarakat pelaku industri. 


 "Komunikasi sosial yang bermuatan edukasi tentang program Citarum Harum di Sektor 22 khususnya di wilayah SubSektor 01 yaitu kita sampaikan ke semua elemen masyarakat, maksud kami tidak lain bahwa jika semua masyarakat mengerti tentang makna tujuan Citarum Harum maka akan mencintai kebersihan sungai dan lingkungannya," jelas Pelda Ujang Supriatna kepada awak media di posko SubSektor 01, Minggu 4 Desember 2022. 


Karya bakti perawatan Sungai Citepus.


Pelda Ujang Supriatna menyarankan kepada anggotanya, dalam pelaksanaan komunikasi sosial kepada masyarakat ini harus tepat sasaran, yaitu masyarakat yang dituju adalah mereka yang berpotensi dan kompeten di tengah lingkungan masyarakat. 


"Yaitu para tokoh dan mereka yang bisa memengaruhi masyarakat lain, sehingga dengan langsung edukasi tersebut bisa tersampaikan pula masyarakat luas walaupun di satu lingkungan," jelas Ujang. 


Maksud dan tujuan komunikasi sosial yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 22 di SubSektor 01 yaitu edukasi moral dan mental masyarakat yang bermakna pada penggiringan jiwa, minat dan animo masyarakat kepada muatan kebersamaan dalam mencintai kebersihan dan kesehatan sungai dalam menjada keutuhan sungai sehingga sungai tersebut bisa menjadi sumber kehidupan dan penghidupan masyarakat banyak. 


Patroli sungai di wilayah SubSektor 01 Satgas Citarum Harum Sektor 22.


"Saya yakin jika paradigma ini sudah terbentuk maka tujuan dan program Citarum Harum akan cepat tercapai," tutup Ujang. 


Pelda Ujang Supriatna selaku Dansub 01 di Satgas Citarum Harum Sektor 22, mengatur kepada anggotanya bahwa rencana aksi Sektor 22 berjalan dengan mulus, yaitu komunikasi sosial ini dilakukan pasca karya bakti perawatan sungai, "Tentunya sambil melakukan Patroli Sungai," singkat Ujang. 


Pelaksanaan karya bakti pembersihan di Sungai Citepus sebelum komunikasi sosial, Satgas berhasil mengangkat sampah domestik sebanyak 100 kg dari panjang sungai yang dibersihkan 40 M. 


"Karya bakti perawatan Sungai Citepus ini dilakukan di wilayah Rw. 04 Kelurahan Cibadak Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung, merupakan salahsatu pusat perdagangan di Kota Bandung," kata Ujang, Minggu 4/12/2022. 


(zho)