Kurangi Pencemaran, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 Masif Produksi Kompos
-->

Advertisement Adsense

Kurangi Pencemaran, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 Masif Produksi Kompos

60 MENIT
Sabtu, 10 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 sedang melakukan pengomposan menggunakan bahan dasar kotoran sapi, Lembang Sabtu 10/12/2022 (Mg.Oleh)


60MENIT.vo.id, Lembang  | Salahsatu upaya atasi permasalahan kotoran sapi, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 16 terus memproduksi pupuk kompos di wilayah kampung Pasirwangi RT.04/011 Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sabtu (10/12/22).


Kegiatan tersebut di pimpin Dansub 16 Serma Dodi Candra bersama Anggota dan Baraya Sektor 22 Citarum Harum.


Serma Dodi mengatakan, pembuatan pupuk kompos bertujuan untuk memudahkan para petani dan sebagai upaya untuk meminimalisir kotoran hewan yang di buang ke daerah aliran sungai.


“Pembuatan pupuk kompos bertujuan agar bisa membantu para petani untuk mendapatkan pupuk sekaligus untuk mengedukasi masyarakat khususnya peternak dalam memanfaatkan kotoran hewan (kohe)”. Kata Dodi.


Pengangkutan bahan dasar (kohe) untuk diproses pengomposan.


Dikatakannya kembali, terkhusus di wilayah lembang memang banyak sekali ternak, sehingga untuk kotorannya memang sudah seharusnya dapat di olah dan di manfaatkan pada sektor pertanian.


“Kami hari ini memproduksi pupuk kompos dengan cara pembalikan hingga merata. Kemudian dilakukan dengan proses selanjutnya”. Jelasnya.


Dirinya berharap, dengan memproduksi pupuk kompos dari kotoran sapi, dapat mengatasi permasalahan kohe ke daerah aliran sungai.


“Dengan adanya produksi pupuk kompos, tingkat pencemaran sungai akibat kotoran sapi dapat berkurang, serta para petani pun dapat lebih menghemat biaya untuk biaya pupuk pertaniannya”. Tutup Dodi. 


(Sholeh)