Pasca Giat Perawatan Sungai Cidurian, Ini yang Dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 09
-->

Advertisement Adsense

Pasca Giat Perawatan Sungai Cidurian, Ini yang Dilakukan Satgas Sektor 22 Sub 09

60 MENIT
Sabtu, 10 Desember 2022

Alat berat Long Arms melakukan pengerukan sungai Cinambo di wilayah Rw 8 Kel. Cisaranten kidul kec Gedebage, Sabtu 10/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Peltu Ihwan Maryudin selaku DanSub 09 di Satgas Citarum Harum Sektor 22, melakukan pengawasan pengerukan Sungai Cinambo wilayah Rw. 8 Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage, Pengerukan ini dilakukan menggunakan alat berat jenis Long Arms, Sabtu 10/12/2022. 


Pengawasan dimaksud menurut Peltu Ihwan Maryudin, adalah sebagai salahsatu progres dalam pembenahan dan normalisasi sungai menuju terwujudnya tujuan program Citarum Harum.


"Pentingnya pengawasan pengerukan Sungai Cinambo menggunakan alat berat yang sudah ditentukan oleh pemerintah adalah konsentrasi dari pihak Satgas Citarum Harum Sektor 22 supaya keutuhan Sungai Cinambo bisa cepat terwujud," kata Ihwan. 


Anggota satgas Sektor 22 Sub 09 sedang melakukan patroli sungai.


Pengarahan untuk normalisasi setiap sungai supaya membentuk keutuhan sungai, hal ini sebagai syarat penjaminan kebaikan sungai supaya manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat banyak, karena kerusakan sungai akan berdampak pada bencana selain membawa kerusakan kandungan air sungainya. 


"Kita dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 di SubSektor 09, setiap hari melakukan pembersihan sampah, rumput liar dan sedimentasi, aksi seperti jika di runut ke giat besar adalah normalisasi sungai, maka sangat pas jika menggunakan alat berat dalam perawatan sungai-sungai lainya," jelas Ihwan. 


Hal diatas terkendala oleh kondisi sungai, yaitu sangat banyak sungai yang perlu dilakukan normalisasi namun kapasitas area sungai tidak memadai, maka inisiatif Satgas Citarum Harum Sektor 22 perawatan sungai pada kondisi seperti ini dilakukan secara manual. 


Komunikasi sosial kepada masyarakat dalam isian pelarangan membuang sampah ke sungai.


Peltu Ihwan Maryudin mengondisikan anggota sub 09 supaya berpencar dalam menjalankan Renaksi Program Satgas Sektor 22 setiap harinya. Seperti hari ini Sabtu (10/12/2022) sebagian melakukan patroli sungai yang dilengkapi dengan komunikasi sosial. 


"Itu semua kita lakukan setelah giat karya bakti perawatan di Sungai Cidurian wilayah Rw. 5 Kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari, pembersihan sepanjang 100 M berhasil mengangkat sampah dan rumput liar sebanyak 150 kg," kata Ihwan. 


Konsistensi Satgas Citarum Harum Sektor 22 di semua wilayah kerjanya, sudah bisa dipertaruhkan oleh semua pihak, dengan cara koordinasi yang baik dan mewujudkan kolaborasi pentahelix yang tepat sasaran untuk mewujudkan tujuan dari Program Citarum Harum.


(zho)