Peltu Ihwan, Dansub 09 Satgas Sektor 22 Kawal Pengerukan Sungai Cinambo
-->

Advertisement Adsense

Peltu Ihwan, Dansub 09 Satgas Sektor 22 Kawal Pengerukan Sungai Cinambo

60 MENIT
Jumat, 16 Desember 2022

Pengawasan Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09 normalisasi Sungai Cinambo, Jumat 16/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pengerukan Sungai Cinambo wilayah Rw. 8 Kelurahan Cisaranten Kidul Gedebage masih terus bergulir Dengan pengawasan Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 09. 


Pengawasan ini menurut Peltu Ihwan Maryudin selaku DanSub 09 Satgas Citarum Harum Sektor 22, yaitu berupa peningkatan mutu kinerja operator alat berat, supaya tidak menyalahi target yang sudah ditentukan konsultan dan Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


"Ini harus terpantau masif oleh kita, sebab target yang berupa objek perencanaan ini tidak boleh menyimpang dari plan yang sudah ditentukan, dengan tujuan semua harus terukur dan sesuai rencana yang sudah ditetapkan," kata Ihwan, Jumat (16/12/2022). 


Patroli sungai oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 09.


Normalisasi setiap sungai memang diperlukan, namun pengerjaanya harus terfasilitasi oleh area yang cukup. Penggunaan alat berat memerlukan lahan dan akses yang memadai, jika tidak normalisasi dikerjakan secara manual.


Peltu Ihwan Maryudin selaku Satgas Citarum Harum di Sektor 22 sangat menyetujui jika setiap sungai dilakukan normalisasi, soalnya mengahadapi musim hujan dibutuhkan volume sungai yang cukup besar. "Hal ini supaya tidak berdampak banjir," sontak Ihwan. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 aktif setiap hari membersihkan sungai, salahsatunya sebagai langkah mitigasi dengan harapan pembersihan sampah domestik, rumput liar dan sedimentasi sungai. 


Komunikasi Sosial kepada masyarakat, edukasi program Citarum Harum.


"Sempitnya kondisi sungai saat ini disebab adanya sedimentasi yang menahun, entah kenapa dilakukan pembiaran sehingga dampak dari itu semua sungai menjadi dangkal, sempit dan kotor ditumbuhi rumput liar, bahkan mudah banjir jika musim hujan," imbuh Ihwan. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 mewajibkan anggotanya menjalankan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada masyarakat. 


Patroli sungai bertujuan untuk mengawasi prilaku masyarakat terhadap sungai juga survay perkembangan kondisi sungai terbarukan, jika ada hal menonjol maka akan dilakukan observasi dan tindakan tegas oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


(zho)