Pembersihan Sungai Citepus oleh Satgas Sektor 22 Sub 01, Sekaligus Edukasi Warganya dalam Sosialisasi Sampah Domestik
-->

Advertisement Adsense

Pembersihan Sungai Citepus oleh Satgas Sektor 22 Sub 01, Sekaligus Edukasi Warganya dalam Sosialisasi Sampah Domestik

60 MENIT
Selasa, 06 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 membersihkan Sungai Citepus wilayah Rw. 04 Kelurahan Cibadak Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung, Selasa 6/12/2022 (zhovena)


60MENIT.co.id, Bandung | Pelda Ujang Supriatna, DanSub 01 Satgas Citarum Harum Sektor 22 mengarahkan anggotanya pada pembersihan di Sungai Citepus wilayah Rw. 04 Kelurahan Cibadak Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung, Selasa (6/12/2022). 


Pada pembersihan di Sungai Citepus ini Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 berhasil mengangkat sampah domestik sebanyak 150 kg dari panjang sungai sejauh 30 M yang berhasil dibersihkan. 


"Mungkin Sungai Citepus wilayah ini merupakan jalur tengah Kota Bandung, jadi sampah yang didapat oleh kita adalah kebanyakan kertas dan berbagai jenis plastik sisa bungkus makanan juga sedikit daun dauanan, diharap oleh kita kepada masyarakat terutama para pedagang supaya lebih meningkatkan hati-hati dalam membuang sampahnya jangan sampai ke sungai," kata Ujang.


Pada aksi komunikasi sosial, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 01 mendatangi semua unsur masyarakat termasuk para pedagang yang ditemuinya, pada saat itu pun menyampaikan edukasi sosialisasi kepada mereka tentang pengelolaan sampah yang benar supaya tidak membuang sampah sembarangan. 


"Diperkirakan mereka yang masih membuang sampah jenis bungkus makanan tersebut adalah mereka para pendatang yang sengaja datang ke kota dan jajan, sisa bungkusannya dibuang sembarangan," imbuh Ujang.


Selaku Satgas Citarum Harum Pelda Ujang Supriatna sering menyarankan kepada warga dan pengurus lingkungan supaya mengindahkan kebersihan lingkungan terutama sungai, aksi seperti ini sudah mendarah daging disampaikan kepada masyarakat, dengan harapan semua unsur masyarakat bisa menyikapi dan merealisasikannya. 


Saat pelaksanaan perawatan Sungai Citepus di wilayah ini, Pelda Ujang Supriatna lebih sering mendatangi masyarakat yang ada di sekitar area tersebut. Yaitu sebagai komunikasi sosial supaya mereka lebih bersikap apik dalam urusan sampah, terutama tidak boleh membuang sampah ke dalam area sungai. 


"Komunikasi sosial ini kita lakukan pula ketika patroli sungai, disana banyak masyarakat yang kita yang kita temui terutama dalam kondisi santai. Nah disitu merupakan waktu yang tepat bagi kita menyampaikan sosialisasi tujuan program Citarum Harum, dengan materi utama yaitu menyampaikan pelarangan apa saja yang perlu untuk menciptakan sungai bersih dan sehat," jelas Ujang. 


Aksi patroli sungai yang disertai komunikasi sosial ini menurut Pelda Ujang Supriatna sangat tepat dilakukan, karena selain survay dan pengawasan sungai juga ketika komunikasi sosial kepada masyarakat mereka yang ditemui satgas suka mengajak warga lain untuk berkumpul.


"Harapan kita jelas bahwa semua unsur masyarakat bisa memahami semua tindakan dari kita selaku Satgas Citarum Harum, sehingga mereka bisa faham makna dan tujuan dari satgas tersebut, sehingga mereka bisa berbaur dengan kita untuk mewujudkan sungai yang bersih dan sehat dalam waktu yang secepatnya," kata Ujang. 


(zho)