Penataan Sungai Cihampelas, Fokus Satgas Sektor 22 Sub 11 Pada Perawatan Sungai di Musim Hujan
-->

Advertisement Adsense

Penataan Sungai Cihampelas, Fokus Satgas Sektor 22 Sub 11 Pada Perawatan Sungai di Musim Hujan

60 MENIT
Senin, 05 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 membersihkan Sungai Cihampelas wilayah Rw 05 Cipadung Kulon, Senin 5/12/2022 (zhovena)

60MENIT.co.id, Bandung | Di Sungai Cihampelas Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 melakukan perawatan dan penataan. Dipimpin Dansub 11/22 Serma Abdulloh Fauzi hingga tuntas rumput liar dan sedimentasi di tebing sungai di ratakan. 


Kondisi Sungai Cihampelas wilayah Rw. 05 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan dipandang mengerikan, tentang ini kondisi sungai ditumbuhi rumput liar subur menumbuhi sedimentasi bagian tebing sungai hingga tinggi menutupi kirmir. 


"Mungkin musimnya saat ini rumput liar bisa tumbuh cepat dengan subur di setiap sungai, jika kita lepas kendali maka banyak sungai yang rusak oleh gulma," singkat Abdulloh Fauzi kepada awak media, Senin 5 Desember 2022. 


Eksekusi pembersihan rumput liar Sungai Cihampelas di Rw.05 Cipkul.


Ungkapan di atas mengisyaratkan bahwa seluruh sungai perlu di perhatikan, artinya perawatan sungai perlu konsentrasi khusus jika keutuhan sungai diinginkan. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 sangat terbatas personil, sehingga sebagian kecil merekrut warga sipil yang dijadikan Baraya Sektor 22, ini pun tidak cukup dikarenakan wilayah pengawasan sangat luas. Namun kegiatan bisa berjalan masif dengan menyertakan pasukan Gober Kewilayahan sesuai tempat karya bakti. 


"Kita terus bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya dalam perawatan sungai, ketika eksekusi pembersihannya kita selalu dibantu Gober Kewilayahan yang sudah baku bekerja sama mewakili aparat pemerintah," jelas Abdulloh. 


Hasil akhir pembersihan rumput liar di Sungai Cihampelas.


Merupakan kolaborasi positif bagi Satgas Citarum Harum Sektor 22 atas adanya perwakilan wilayah, konsekuensi ini akan berkelanjutan dalam perawatan sungai kedepan tanpa batas waktu. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 selalu melakukan edukasi dengan isian tujuan program Citarum Harum ada. Yaitu menjunjung tinggi kebersamaan dari setiap elemen masyarakat dan pemerintah supaya bisa meningkatkan kepedulian kebersihan dan keutuhan sungai, "Ya supaya sungai ini bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat banyak, tidak seperti saat ini bahwa sungai bermanfaat bagi segelintir orang," kata Abdulloh. 


Untuk meningkatkan animo masyarakat yang lebih banyak lagi, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 11 terus menjaga etika terhadap sungai, hal ini diterapkan pula kepada masyarakat melalui komunikasi sosial dengan isian edukasi perbaikan prilaku masyarakat. 


(zho)