Rumput Liar di Sungai Cikakak Salahsatu Agenda Karbak Satgas Sektor 22 Sub 03
-->

Advertisement Adsense

Rumput Liar di Sungai Cikakak Salahsatu Agenda Karbak Satgas Sektor 22 Sub 03

60 MENIT
Kamis, 15 Desember 2022

Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 membersihkan Sungai Cikakak, Kamis 15/12/2022 (Mg.Oleh)

 

60MENIT.co.id, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 03 melakukan pembersihan di Sungai Cikakak. Satgas berhasil mengangkat sampah sebanyak 340 kg dari pembersihan sepanjang 100 meter.


Pembersihan sungai tersebut dipimpin Serka Hengky selaku Dansub 03, meliputi wilayah sungai dan aliran sungai termasuk kirmir yang ada di RW. 05 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. 


“Sampah yang ada, dimungkinkan terpengaruh oleh adanya arus hujan yang mengalirkan sampah darat, kamipun membersihkan rumput liar yang menempel pada kirmir sungai”. Ucap Hengky. Kamis (15/12/22).


Hal tersebut sudah merupakan jadwal harian yang harus dilakukan oleh semua anggota satgas Sektor 22, yaitu selain turun ke sungai, juga harus melakukan patroli sungai dan komunikasi sosial.


Serka Hengky bersama anggota melakukan patroli sungai di wilayah Sub 3, terutama wilayah sungai yang sering terjadi kotor dan di prediksi rawan longsor.


“Sebelumnya kami lakukan patroli di Sungai Cikakak wilayah Kelurahan Pamoyanan, saat ini kondisi sungai pada posisi warna air bersih, debit air normal, tidak bau namun masih ada sedikit sampah". Terang Hengky.


Anggota satgas yang lainnya menurut Serka Hengky, kami berbagi tugas yaitu mereka melakukan komunikasi sosial secara tatap muka bersama warga. Yaitu membawa materi tentang tujuannya dari Program Citarum Harum.


“Laporan anggota kami bahwa mereka bertemu dengan beberapa warga yang kompetitif di wilayah Kebon Jeruk Andir, diantaranya Bpk. Iyan dan Bpk. Aliana". Jelasnya.


Beberapa anjuran yang di sampaikan Sub 3 Sektor 22 Satgas Citarum Harum yang intinya adalah imbauan untuk selalu menjaga lingkungan dan pelarangan membuang sampahnya ke sungai serta dapat memilah sampah rumah tangga. 


(Sholeh)