Berjuang Keras Cegah Pencemaran Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 08 Lakukan Sosialisasi dan Komposter
-->

Advertisement Adsense

Berjuang Keras Cegah Pencemaran Sungai, Satgas Sektor 22 Sub 08 Lakukan Sosialisasi dan Komposter

60 MENIT
Minggu, 29 Januari 2023

Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 SubSektor 08 sedang menjalani Komunikasi Sosial kepada masyarakat di wilayah kerjanya, Minggu 29/01/2023 (oleh zhovena)


60MENIT.co.id, Lembang KBB | Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 22 melalui SubSektor 08 menjalankan aksi komunikasi sosial (komsos) mensosialisasikan tujuan program Citarum Harum yang selam ini diemban untuk mencapai kondisi sungai yang utuh, airnya bersih dan sehat. 


Komunikasi sosial adalah akselerasi aksi dari Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang dilakukan setiap hari setelah menjalani tugas lain dalam pembersihan sungai, produksi kompos, penertiban instalasi pengolahan air limbah (Ipal) industri dan menanam pohon. 


SubSektor 08/22 dipimpin oleh Serma Dodi Candra, menguasai area kerja wilayah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat untuk membentuk paradigma masyarakat supaya tidak mencemari lingkungan dan sungai. 


Pembuat kompos dipimpin Serma Dodi Candra selaku Dansub 08/22 Satgas Citarum Harum.


"Di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat ini dominan aktifasi profesi masyarakatnya adalah petani sayuran dan peternak sapi susu, sehingga di wilayah ini banyak kotoran hewan yang mencemari sungai dan lingkungan," singkat Dodi kepada wartawan di area kerjanya, Minggu 29/01/2023. 


Lanjut Serma Dodi Candra, bahwa kotoran hewan yang banyak itu baru sedikit termanfaatkan bagi keperluan sehari-hari di wilayahnya, yaitu dengan pembuatan kompos sebagai salahsatu upaya mengurangi pencemaran sungai dan lingkungan di sisi lain sebagai pupuk penyubur lahan pertanian.


"Kita tetap fokus untuk mencegah pencemaran sungai yang selama ini terjadi, dengan harapan adanya produksi kompos yang kita lakukan bisa ditiru oleh masyarakat peternak sapi lain yang selama ini kotoran hewan itu mencemari sungai dan berdampak buruk bagi kesehatan," tegas Dodi. 


Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 merekrut masyarakat dalam kinerjanya.


Tidak cukup disini yang Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 08 lakukan, ia pun secara door to door melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat membawa tema tujuan dari Program Citarum Harum sebagi aksi untuk menciptakan kondisi sungai yang utuh dan airnya bersih juga sehat. 


Sangat diharapkan adanya perubahan paradigma atau perilaku masyarakat yang selama ini mengotori sungai dan lingkungan harus segera berubah ke prilaku pecinta kebersihan sungai dan lingkungannya. Maka komsos dilakukan setiap hari oleh Satgas Citarum Harum Sektor 22. 


"Kita yakin dengan melakukan komunikasi sosial kepada masyarakat sebagai edukasi moral ini akan melekat hasilnya di setiap masyarakat yang kita temui, karena ini merupakan modal utama suksesi Program Citarum Harum yang kita emban selam ini," tutup Dodi.


(zho)